Pendidikan

Digitalisasi Arab Pegon, Cara Kemenag Jaga Warisan Nusantara Lewat Teknologi

Sabtu, 23 Desember 2023 - 09:04 | 53.21k
Digitalisasi Aksara Pegon dengan teknologi keyboard virtual. (FOTO: Kemenag for TIMES Indonesia)
Digitalisasi Aksara Pegon dengan teknologi keyboard virtual. (FOTO: Kemenag for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) berkomitmen untuk melestarikan keberagaman budaya warisan Nusantara dengan meluncurkan Pegon Virtual Keyboard pada Hari Amal Bakti ke-78. 

Plt Direktur PD Pontren, Waryono mengumumkan inovasi terbaru ini pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kemenag. Saat ini, keyboard pegon tersebut masih tahap penyusunan dan baru siap diluncurkan 6 Januari 2024 mendatang. 

"Alhamdulillah, per hari ini Pegon Virtual Keyboard sudah siap digunakan oleh publik," kata Waryono di Jakarta, Sabtu (23/12/2023).

Pengembangan teknologi Pegon Virtual Keyboard atau papan ketik dilakukan sebagai respons terhadap amanat Kongres Aksara Pegon I yang digelar pada tahun 2022 lalu.

 "Kongres Aksara Pegon tahun 2022 mengamanatkan kepada Kemenag untuk mengawal keberlangsungan penggunaan aksara Pegon di madrasah dan pesantren," tambahnya.

Dengan peluncuran Pegon Virtual Keyboard, Waryono berharap masyarakat dapat mengakses kekayaan warisan Nusantara melalui perangkat digital seperti smartphone dan laptop. Hal ini dianggap sebagai langkah penting dalam merawat eksistensi aksara Pegon.

"Ke depan, publik dapat memilih aksara Pegon sebagai alternatif dalam mengetik di perangkat digital untuk kepentingan komunikasi sehari-hari atau menuangkan gagasannya," pungkasnya.

Dengan demikian, Pegon Virtual Keyboard Kemenag juga diharapkan membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat untuk mengenali dan menggunakan aksara pegon yang tak lain menjadi bagian dari identitas budaya digital Indonesia juga warisan Nusantara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES