Pendidikan

Tandai Pembukaan KKM UIN Malang 2023/2024, Kepala Desa Mendalanwangi Potong Tumpeng

Sabtu, 23 Desember 2023 - 11:59 | 42.63k
Kepala Desa Memotong Tumpeng bersama DPL. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kepala Desa Memotong Tumpeng bersama DPL. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pembukaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2023/2024 diadakan di Balai Desa Mendalanwangi Kec. Wagir Kab. Malang, Kamis (21/12/2023).

Kegiatan ini diadakan oleh gabungan kelompok yaitu 198,199 dan 200. Kegiatan pembukaan disambut baik dan antusias oleh perangkat desa, jajaran kepengurusan lainnya, dan masyarakat sekitar.

KKM tahun ini mengusung tema "Moderasi Beragama dan Pencegahan Stunting Serta Kemiskinan Ekstrim" yang berlangsung sejak 20 Desember 2023 - 31 Januari 2024.

Pembukaan dilaksanakan pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Bapak Kepala Desa, perangkat Desa Mendalanwangi, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan Bintara Pembina Desa (Babinsa). Adapun rangkaian acara yaitu pembukaan oleh pembawa acara, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Hardila, menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Dewi Itsna Saidatun Nafi'ah, serta sambutan dari perwakilan kelompok KKM, DPL, dan Kepala Desa.

fober.jpg

Sambutan pertama disampaikan oleh Rizky Alfiansyah Pane, sebagai perwakilan kelompok 198,199 dan 200. Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh perangkat Desa, aparat yang bertugas, serta warga Desa Mendalanwangi yang telah menyambut dan menerima dengan baik mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu, ia berharap bahwa KKM ini selain bisa berkolaborasi dengan elemen masyarakat, juga bisa bermanfaat dan sebagai bekal hidup dalam bermasyarakat kelak.

Sambutan kedua disampaikan oleh Dr. Totok Chamidy, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

"Baru kali ini saya ada kepala desa yang begitu perhatian dengan mahasiswa dan meminta untuk dibuatkan grup whatsapp bersama DPL dan peserta KKM agar mudah untuk melakukan pemantauan," kata Totok.

Selain itu, ia juga berpesan kepada mahasiswa agar menjalankan seluruh program kerja dengan baik dan selalu melaksanakan koordinasi dengan kepala desa.

Selanjutnya, sambutan ketiga sekaligus pembukaan secara simbolis oleh Kepala Desa Mendalanwangi, yaitu M Syahroni l, S.Pt.

"Saya ingin mahasiswa yang KKM disini memiliki kesan dan memori yang baik di Desa Mendalanwangi. Harapan saya, apapun yang terjadi selalu berkoordinasi dengan saya". Beliau juga ingin memberikan ilmu agraria kepada seluruh peserta KKM agar memahami bagaimana cara mengurus pertanahan," paparnya.

Selanjutnya pembukaan secara simbolis dengan memotong tumpeng dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ahmadani Lazuardi Imam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES