Pendidikan

Mahasiswa Bahasa Jerman UM Juara Kompetisi Internasional I3NEW

Selasa, 26 Desember 2023 - 20:37 | 26.52k
Tiga mahasiswa UM peraih medali perunggu dalam kompetisi internasional. (FOTO: Instagram/fakultassastra.um)
Tiga mahasiswa UM peraih medali perunggu dalam kompetisi internasional. (FOTO: Instagram/fakultassastra.um)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tiga mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Jerman dari Universitas Negeri Malang berhasil meraih medali perunggu dalam kompetisi internasional I3NEW yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada tanggal 7-17 Desember 2023.

Kompetisi ini merupakan bagian dari International Social, Science, Engineering, and Education Romanian Competition (ISSEER) yang diadakan oleh organisasi yang berbasis di Romania.

Ketiga mahasiswa yang meraih prestasi tersebut adalah Kisma Bagus Pratama (angkatan 2021), Isnaini Nur Pangesti (angkatan 2020), dan Arifah Auliyae (angkatan 2022). Mereka berhasil mencuri perhatian juri dengan produk inovatif berupa buku cerita bergambar dalam bahasa Jerman yang berjudul Harmonizing Imagination and Technology: Emmas Fröhlicher Tag-A Fusion of Printed Oicture German Storybook and digital Web Experience on Google Sites yang dirancang khusus untuk mempermudah pembelajaran bahasa Jerman dasar.

Buku cerita ini tidak hanya menyajikan cerita menarik dalam bahasa Jerman, tetapi juga mengandung materi bahasa Jerman yang terintegrasi dengan setiap cerita. Setiap halaman buku dilengkapi dengan permainan untuk melatih kosakata dan struktur kalimat. Uniknya, buku ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih berupa barcode di bagian belakang, yang dapat discan untuk mengakses situs web pendukung.

Proses kompetisi I3NEW melibatkan pendaftaran, pengiriman video presentasi produk inovasi, serta pengiriman flyer dan artikel pendukung. Salah satu hambatan yang dihadapi tim adalah kesulitan mencari inovasi dan menyusun konsep. Selain itu, kesulitan dalam berbahasa Inggris saat presentasi dan penulisan artikel menjadi tantangan tersendiri.

 "Semoga inovasi kami bisa bermanfaat bagi semua orang, terutama mahasiswa bahasa Jerman yang kesulitan dalam belajar. Berdasarkan pengalaman pribadi, kami berharap inovasi ini dapat memudahkan pemahaman materi yang pada umumnya dianggap sulit," kata Ketua tim, Kisma Bagus Pratama kepada TIMES Indonesia.

Prestasi ini semakin mengesankan karena kompetisi diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai negara, antara lain Filipina, Turki, Taiwan, Iran, Tunisia, Malaysia, Vietnam, Cina, dan Romania.

Keberhasilan mahasiswa Universitas Negeri Malang tidak hanya mengukir nama baik kampus di tingkat internasional tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya di berbagai belahan dunia untuk terus berinovasi dalam menghadapi tantangan pembelajaran, terutama dalam konteks bahasa asing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES