Pendidikan

Melihat Sepeda Statis Penghasil Listrik Buatan Mahasiswa Unisma

Rabu, 27 Desember 2023 - 18:31 | 29.26k
Mahasiswa Unisma saat menaiki sepeda statis penghasil listrik buatan mereka. (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Mahasiswa Unisma saat menaiki sepeda statis penghasil listrik buatan mereka. (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Bila sepeda statis pada umumnya hanya difungsikan sebagai sarana olahraga saja, mahasiswa Universitas Islam Malang berhasil memberikan nilai tambah fungsi sepeda statis. Selain bisa untuk berolahraga, sepeda statis buatan mahasiswa Unisma Malang ini bisa menghasilkan listrik yang mampu untuk memenuhi kebutuhan listrik rumahan.

Sepeda ini mereka beri nama Kontrol Torsi Berbasis Arduino Dengan Metode PID Pada Sepeda Statis. Sepeda yang mampu mengubah energi dari olahraga menjadi listrik. Salah satu dari 3 orang mahasiswa yang menciptakan sepeda tersebut, Hilda Afifah mengatakan, sepeda ini mampu menyimpan daya sebesar 220 V dengan dikayuh selama kurang lebih 1,5 jam.

"Energi itu mungkin setara dengan kebutuhan listrik rumah tangga selama sehari," ucapnya.

Mahasiswi Fakultas Teknik itu menuturkan, motivasi timnya membuat alat ini yakni karena melihat fenomena banyaknya anak muda yang Mager atau malas gerak, sehingga kurang berolahraga.

"Sehingga dengan alat ini diharapkan anak muda itu bisa lebih semangat berolahraga.  Karena dengan menggunakan alat ini mereka tidak hanya akan berolahraga, tetapi juga menghasilkan energi listrik.

Dia pun menyebut, alat ini sangat cocok untuk digunakan ketika terjadi pemadaman listrik. Sehingga dengan mengayuh sepeda ini, rumah mereka yang padam akan kembali teraliri listrik.

"Caranya tinggal di kayuh. Bisa digunakan untuk menyalakan kipas angin, menyalakan lampu, charge hape, menyalakan televisi, dan lainya" kata dia.

Dia menyebut, sepeda ini sudah mendapat Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Pihaknya berkomitmen untuk bisa terus mengembangkan karya mereka sehingga bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat secara umum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES