Pendidikan

Inovasi Yogurt Tangkai Cabai Antarkan Universitas Muhammadiyah Kudus Juara Biologi Fun Competition 2024

Kamis, 04 Januari 2024 - 23:55 | 19.27k
Rektor UMKU Kudus Dr. Edy Soesanto dan Kepala Prodi TLM Umku mengapresiasi prestasi Chika Hika Caterina. (Foto: Humas Umku Kudus for TIMES Indonesia)
Rektor UMKU Kudus Dr. Edy Soesanto dan Kepala Prodi TLM Umku mengapresiasi prestasi Chika Hika Caterina. (Foto: Humas Umku Kudus for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KUDUSUniversitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) kembali menorehkan prestasi bergengsi di awal tahun 2024 kali ini. Raihan prestasi itu disumbang oleh salah satu mahasiswa mereka, yakni Chika Hika Caterina dalam Lomba Video Fermentasi Makanan dan Minuman.

Dalam kompetisi yang bertajuk “BFC: Biologi Fun Competition” yang diselenggarakan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada Kamis (4/1/2024) itu, Chika sukses meraih prestasi tertinggi yakni juara pertama.

Chika saat ini masih menempuh pendidikan semester 7 Program Studi (Prodi) Teknik Laboratorium Medik (TLM) Fakultas Kesehatan UMKU. Ia merupakan mahasiswa berprestasi dari prodi TLM. Sejumlah catatan prestasi yang telah ia bukukan, yakni berhasil meraih 5 kali juara tingkat nasional.

Chika mengaku keikutsertaannya dalam ajang tersebut, untuk meningkatkan skill penyuluhan kesehatan melalui media sosial. Yang menarik, ia berinovasi mengolah produk memiliki nilai lebih dalam lomba tingkat nasional yang digelar di Jogjakarta.

“Inovasi yang saya lakukan membuat yogurt dari tangkai cabai. Dan tangkai tersebut sebagai sumber bakteri laktobatilus plantalum serta memakai starter yogurt,” ujarnya.

Nilai lebih dari inovasi tersebut, kata Chika, yakni ada di dalam plating makanan, teknik fermentasi serta teknik penyajian dalam beragam varian.

Sementara itu, Kepala Prodi TLM UMKU, Yunita Rusidah pun mengapresiasi prestasi salah satu mahasiswinya itu. Dalam pengamatannya selama ini, Chika merupakan mahasiswa berprestasi dan memiliki tipikal cermat, gigih dan ulet.

“Fermentasi yang dia buat memang menarik, ia layak meraih juara 1. Semoga prestasinya bisa menjadi teladan bagi mahasiswa UMKU lainnya,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES