Pendidikan

Plt Rektor UNS Chatarina Girsang, Alumni UB Berkarir Moncer

Rabu, 24 Januari 2024 - 13:46 | 23.27k
Irjen Kemendikbudristek Chatarina Muliana Girsang yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UNS. (FOTO: Istimewa)
Irjen Kemendikbudristek Chatarina Muliana Girsang yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UNS. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pasca mundurnya Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum dari jabatannya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menunjuk Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbudristek Chatarina Muliana Girsang sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UNS.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Perintah Mendikbudristek Nomor 2055/M/06/2024 yang ditandatangani langsung oleh Nadiem Anwar Makarim pada Kamis (18/1/2024). Dalam Surat Perintah tersebut tertuang bahwa terhitung mulai tanggal 18 Januari 2024, disamping melaksanakan tugas sebagai Inspektur Jenderal Kemendikbudristek, Dr. Chatarina juga melaksanakan tugas sebagai Plt. Rektor UNS sampai dilantiknya pejabat definitif Rektor UNS.

Dalam keterangan pers tertulis yang diterima, Plt. Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS, Prof. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CFrA menyampaikan, Mendikbudristek menyetujui surat permohonan Prof Jamal Wiwoho terkait dengan pengembalikan mandat dan tugas perpanjangan jabatan sebagai Rektor UNS kepada Mendikbudristek yang dikirim pada tanggal 16 Januari 2024.

“Jadi pada tanggal 16 Januari Prof. Jamal Wiwoho mengirimkan surat tersebut ke Mendikbudristek. Surat tersebut disetujui dan pada tanggal 18 Januari kemarin, Mendikbudristek menunjuk Dr. Chatarina Muliana Girsang, S.H., S.E., M.H. menjadi Plt. Rektor UNS,” terang Prof Muhtar.

Diketahui, Chatarina sendiri ternyata merupakan Alumni Universitas Brawijaya (UB). Dia menempuh pendidikan S1 nya di di Fakultas Hukum UB pada tahun 1995. Pada tahun 1997, dia juga mengambil S1 Akutansi di STIE YAI Jakarta.

Chatarina melanjutkan studi S2 nya pada tahun 2007 di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Kemudian dia mendapatkan gelar doktoral dalam bidang hukumnya di Universitas Airlangga pada tahun 2019.

Jejak Karier Chatarina Muliana Girsang

Selain mempunyai pendidikan yang gemilang, Chatarina diketahui juga mempunyai karir yang moncer. Baik di bidang hukum maupun di bidang pendidikan. Bahkan dia pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi.

Berikut jejak karir yang pernah diemban oleh Chatarina;

• Jaksa, Staf Khusus Jaksa Agung RI (2000 - 2001)

• Kasubsi Ekonomi Moneter, Kejaksaan Negeri Bekasi (2001 - 2005)

• Jaksa KPK (2005 - 2011)

• Kepala Bagian Perancangan Peraturan, Biro Hukum KPK (2011 - 2013)

• Kepala Biro Hukum KPK (2013 - 2015)

• Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi (2015)

• Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Regulasi (2015 - 2020)

• Plt Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Regulasi (2020 - sekarang)

• Inspektur Jenderal Kemendikbudristek (2020 - sekarang). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES