Pendidikan

Buat Aplikasi Signavoice, Mahasiswa Polinema Raih Juara 1 Pimkipnas 2024

Senin, 29 Januari 2024 - 14:21 | 15.22k
3 mahasiswa Polinema yang berhasil menjadi juara 1 di ajang Pimkipnas 2024. (Foto: Humas Polinema)
3 mahasiswa Polinema yang berhasil menjadi juara 1 di ajang Pimkipnas 2024. (Foto: Humas Polinema)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) berhasil meraih prestasi gemilang pada ajang Pekan Inovasi Mahasiswa KIP-Kuliah Nasional (Pimkipnas) 2024.

Ada 3 mahasiswa Polinema yang menorehkan prestasi pada ajang yang digelar pada akhir bulan Januari 2024 tersebut. Mereka yakni Muhammad ‘Ali Murrofid, Devi Andini Febrianti dan Septi Lutfiana. Ketiganya berasal dari Program Studi D-IV Teknik Informatika Jurusan Teknologi Informasi.

Salah satu anggota, Ali Murrofid menjelaskan, timnya berhasil menyabet juara I pada kategori National Essay Competition setelah membuat inovasi dengan judul “Signavoice: Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Indonesia Menjadi Suara Dengan Menggunakan Pendekatan Tensorflow”.

"Signavoice adalah aplikasi penerjemah Bahasa Isyarat Indonesia yang memudahkan komunikasi antara penyandang tuna wicara dan masyarakat umum," ucapnya.

Aplikasi ini memang mereka rancang untuk membantu komunikasi para penyandang tuna wicara. Memudahkan masyarakat umum memahami arti bahasa isyarat yang disampaikan oleh para tuna wicara. "Aplikasi ini memindai gerakan Bahasa Isyarat dan menerjemahkannya menjadi suara dan teks," terangnya.

Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT mengatakan, Polinema terus mendorong dan memfasilitasi mahasiswa agar mereka bisa berkarya dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Menurutnya, Polinema terbukti dari tahun ke tahun dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi baik bidang akademis maupun non-akademis meliputi prestasi tingkat propinsi, nasional, regional, maupun internasional.

"Capaian prestasi mahasiswa dapat dipertahankan karena Polinema memberikan ruang dan fasilitas bagi pengembangan minat, bakat dan kesejahteraan mahasiswa melalui ketersediaan sarana, prasarana pendukung, pembiayaan di setiap kompetisi yang diikuti, serta yang paling penting adalah pendampingan khusus oleh Dosen Pembina," terang Direktur Polinema. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES