Pendidikan

Tambah 8 Guru Besar, Rektor Unej: Insyaallah 2028 Jumlahnya 100 Lebih

Senin, 29 Januari 2024 - 17:17 | 17.41k
Pengukuhan 8 guru besar oleh Ketua Senat dan Rektor Unej, Senin (29/1/2024). (Foto: Unej for TIMES Indonesia)
Pengukuhan 8 guru besar oleh Ketua Senat dan Rektor Unej, Senin (29/1/2024). (Foto: Unej for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Delapan guru besar baru Universitas Jember (Unej) dikukuhkan oleh Ketua Senat dan Rektor Unej, Senin (29/1/2024). Jumlah tersebut menambah jajaran guru besar kampus Tegalboto menjadi 74 guru besar aktif. 

Tambahan delapan guru besar ini disambut dengan rasa syukur oleh Rektor Unej. Dalam pidato pengukuhannya, Iwan Taruna menegaskan bahwa tambahan delapan guru besar akan meningkatkan rekognisi dan reputasi Universitas Jember. 

Oleh karena ia meminta kepada seluruh guru besar untuk terus meningkatkan karya dan inovasi dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermanfaat langsung bagi masyarakat.

"Kami juga meminta semua guru besar selalu menjaga idealisme sebagai pendidik yang bertugas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru besar juga dituntut untuk mengedepankan integritas, jujur, konsisten dan obyektif serta menjadi teladan bagi kolega dosen dan mahasiswanya," pesan Iwan Taruna. 

Lebih lanjut, Rektor Unej menyampaikan jika di tahun 2020 hanya ada 54 guru besar, namun di tahun 2024 ini sudah ada 74 guru besar aktif. 

"Insyaallah di tahun 2028 jumlahnya sudah di atas seratus guru besar. Pengukuhan delapan guru besar hari ini juga akan menjadi tambahan energi bagi Universitas Jember yang akan bertransformasi menjadi PTN-Berbadan Hukum," tambahnya bangga. 

Untuk diketahui, ada empat guru besar baru yang mendalami bidang keilmuan terkait biologi. Tiga guru besar berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Mereka adalah Prof. Dr. Anak Agung Istri Ratna Dewi, S.Si., M.Si., guru besar bidang ilmu Biokimia di Program Studi Kimia, Prof. Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., guru besar bidang ilmu Mikrobiologi di Program Studi Biologi serta Prof. Dr. rer nat. Kartika Senjarini, S.Si., M.Si., guru besar bidang ilmu Biologi Molekuler di Program Studi Biologi. Dan, Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D., guru besar bidang ilmu Bioteknologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP.

Sementara keempat guru besar lainnya adalah Prof. Dr. Didik Sugeng Pambudi, MS., guru besar bidang ilmu Pendidikan Matematika di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Prof. Dr. Ari Satia Nugraha, S.F., G.DipSc., MSc-res., Apt., Ph.D., guru besar bidang ilmu Kimia Medisinal Fakultas Farmasi. Selanjutnya ada Prof. Dr. Alwan Sri Kustono, SE., MSi., Ak., guru besar bidang ilmu Akuntansi Manajemen di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Serta, Prof. Drs. Abubakar Eby Hara, MA., Ph.D., guru besar bidang ilmu Hubungan Internasional di Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FSIP). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES