Pendidikan

Puncak Milad 287 Sidogiri 27 Februari, Usung Tema Salaf-Inovatif

Minggu, 25 Februari 2024 - 09:17 | 74.95k
Salah satu agenda Milad 287 Sidogiri dan Ikhtibar 88 MMU. Puncak milad akan dilaksanakan 27 Februari 2024. (Foto: Sidogiri for TIMES Indonesia)
Salah satu agenda Milad 287 Sidogiri dan Ikhtibar 88 MMU. Puncak milad akan dilaksanakan 27 Februari 2024. (Foto: Sidogiri for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Salah satu pesantren tertua di Nusantara, PP. Sidogiri, Pasuruan memperingati hari lahir atau milad ke-287 yang digelar bersamaan dengan event tutup tahun ajaran Madrasah Miftahul Ulum atau Ikhtibar ke-88 MMU. Pembukaan Milad dan Ikhtibar, digelar secara meriah pada Jumat (24/2/2024) malam dihadiri belasan ribu santri Sidogiri. 

Pengasuh Pondok Sidogiri, KH Fuad Nurhasan tampak hadir, didampingi jajaran majelis keluarga, pengurus dan para asatidz Sidogiri. 

Ketua Panitia Milad 287 Sidogiri, Gus Abdul Jalil Sholahuddin mengatakan even pembukaan ini sekaligus menandai dimulainya rangkaian Milad dan Ikhtibar yang akan berlangsung hingga 6 hari ke depan. Tahun ini, pembukaan Milad ditandai mau'idzah oleh Habib Muhammad Quraiys bin Qosim Baharun, Kuningan, Jawa Barat dan Habib Ahmad bin Muhammad Al-Habsyi, Solo, Jawa Tengah. 

"Dengan kehadiran pengasuh, majelis keluarga dan para ulama, semoga membawa berkah bagi ilmu para santri dan pesantren," harap Gus Jalil, penggilan akrabnya.

Prosesi pembukaan Milad 287 digelar secara meriah dan elegan dengan tata panggung dan pencahayaan yang indah. Panggung opening didahului suguhan penampilan spektakuler yang menyuguhkan nuansa budaya dari berbagai negara. 

Di antaranya, atraksi Tinikling atau Tarian ritmis cepat yang meniru gerakan burung yang diadopsi dari negeri tetangga, Filipina dan    pembacaan shalawat ala negara Syiria. Pengunjung juga disuguhi drama musikal yang mengangkat tema Milad  'Salaf Inovatif', lantunan senandung masyayikh berjudul 'Antumu', hingga pemutaran film pendek 'Keren itu Santri'. 

Kegiatan Milad 287 Sidogiri dan Ikhtibar 88 MMU akan berlangsung hingga Rabu (28/2/2024) dengan gelaran Shalawatan Sidogirian sebagai penutup dan terbuka untuk umum. Sebelumnya digelar Malam Pembagian Hadiah (25/2), Daurah Ilmiah (26/2 pagi), Wisuda Bersama (26/2 malam), Bahtsul Masail Wistha (27/2 pagi). Adapun  Adapun malam puncak Milad 287 akan digelar pada Selasa (27/2) malam di Lapangan Sidogiri.

Selain itu, dalam ikut memeriahkan Milad 287, Kopontren Sidogiro menggelar side event, yakni Pasar Santri berupa bazar dan pameran UMKM, mulai 19 hingga 28 Pebruari 2024, dan terbuka untuk umum dengan pemisahan pengunjung laki-laki.dan perempuan. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES