Pendidikan

Beri Panduan dan Pendampingan, Cara UIN Malang Buat Sivitas Akademika Taat Pajak

Kamis, 07 Maret 2024 - 20:02 | 13.00k
Pendampingan pelaporan SPT Tahunan oleh UIN Malang untuk para pegawai yang dilakukan pada Kamis (7/3/2024). (FOTO: Humas UIN Malang)
Pendampingan pelaporan SPT Tahunan oleh UIN Malang untuk para pegawai yang dilakukan pada Kamis (7/3/2024). (FOTO: Humas UIN Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Langkah yang dilakukan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini mungkin bisa ditiru oleh kampus Lain. Agar para sivitas akademikanya taat dalam membayar pajak, mereka tidak hanya mendorong saja, tetapi juga memberikan fasilitasi. Hal itu diwujudkan dalam kegiatan pendampingan pelaporan SPT tahunan, di di Aula Rektorat UIN Malang, Kamis, (7/3/2024).

Kepala Biro AAKK Dr. H. Barnoto, M.Pd.I mengatakan, pelaporan SPT tahunan menjadi fokus utama dalam rangka penerapan ketentuan perpajakan yang diatur dalam UU no.28 Tahun 2007 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan serta Peraturan Dirjen Pajak nomor PER-30/PJ/2017.

"DJP telah mendelegasikan pelaporan SPT tahunan secara elektronik melalui aplikasi pajak online. Hal ini menunjukkan upaya pemerintah untuk mempermudah dan mempercepat proses pelaporan bagi wajib pajak. Pelaporan SPT tahunan ini sudah menjadi kewajiban kita semua," ucapnya.

Barnoto meminta agar semua sivitas akademika khususnya bagi para pegawai ASN maupun pegawai BLU di UIN Maliki Malang bisa memanfaatkan moment penting ini. Oleh karena itu, diharapkan semua ikut berpartisipasi aktif untuk mensukseskan pengisisan SPT tahunan ini.

Dia juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari proses asistensi pelaporan SPT tahunan tahun sebelumnya. Seluruh ASN baik PNS, PPPK maupun pegawai BLU diminta untuk mengisi secara online, terutama bagi yang merupakan wajib pajak perorangan.

"Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan kesalahan dalam pengisian SPT dapat diminimalisir dan ketaatan pajak dapat semakin meningkat di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," tuturnya.

Dia yakin, legiatan ini akan memberikan manfaat yang lebih luas bagi para peserta. Selain mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kewajiban perpajakan mereka, para pegawai juga bisa merasa lebih percaya diri dalam menghadapi proses pelaporan pajak. Hal ini dapat meningkatkan kepatuhan mereka dalam membayar pajak secara tepat waktu dan tepat jumlah.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menciptakan suasana kolaboratif antara pihak universitas dan sivitas akademika dalam menghadapi tantangan perpajakan. Dengan adanya dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh Tax Center, diharapkan para ASN dan sivitas akademika dapat melaksanakan kewajiban perpajakan mereka dengan lebih baik di masa yang akan datang.

"Dengan demikian, kegiatan pendampingan pelaporan SPT tahunan ini bukan hanya sekedar rutinitas administratif, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam membangun kesadaran pajak dan meningkatkan kepatuhan perpajakan di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," pungkasnya. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES