Pendidikan

Hadapi SNBT 2024, UB Siapkan 62 Ruangan dan 1806 Komputer

Kamis, 04 April 2024 - 12:19 | 13.96k
Pimpinan UB saat menjelaskan kesiapan UB dalam menghadapi SNBT 2024 dalam giat Bonsai, Kamis (4/4/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Pimpinan UB saat menjelaskan kesiapan UB dalam menghadapi SNBT 2024 dalam giat Bonsai, Kamis (4/4/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGUniversitas Brawijaya telah melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Hal itu diungkapkan ketika Bincang dan Obrolan Santai (BONSAI) bersama pakar yang digelar UB, Kamis (4/4/2024) di ruang jamuan lantai VI gedung Rektora.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso mengaku UB sudah matang dan siap melaksanakan UTBK yang dimulai dari perangkat komputer, ruangan dan kapasitas yang tersedia untuk proses pendaftaran calon mahasiswa jalur SNBT.

"UB menyediakan sebanyak 62 ruang yang tersebar di 16 Lokasi yang menggunakan laboratorium komputer baik di rektorat maupun fakultas di kampus utama atau jalan Veteran," ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UB tersebut menerangkan, ada sebanyak 1.806 komputer yang disiapkan oleh UB untuk SNBT 2024 ini. Yang terdiri atas 1.580 yang siap digunakan dan dan 226 komputer cadangan. "Komputer-komputer tersebut mempunyai spesifikasi mumpuni, sesuai dengan yang disyaratkan dari Panitia Pusat UTBK," imbuhnya.

Sementara dari segi kemanan UB telah mengirimkan surat ke PLN untuk tidak memadamkan listrik selama pelaksanaan UTBK dan melibatkan tim yang bertugas mengawal jaringan tersebut. Tak hanya itu, setiap lokasi juga disiapkan genset yang standby apabila ada pemadaman atau gangguan mendadak.

"Jaringan Internet di dalam kampus di optimalkan tidak ada kendala juga tersedianya server untuk lokasi-lokasi yang sudah di kondisikan. Sehingga dari dua kondisi faktor keamanan dapat di pastikan pelaksanaan UTBK di UB dapat berjalan dengan baik dan lancar," tutur Prof Imam.

Demi memperlancar jalannya UTBK, UB juga melibatkan sebanyak 644 pengawas yang bertugas secara bergantian selama tujuh hari. "Selain itu ada juga petugas pelaksana UTBK di UB dengan total sebanyak 899 orang," kata mantan DekN FTP tersebut.

Sebanyak 899 petugas pelaksana tersebut terdiri dari teknisi ruang 65 orang perhari yang terdiri dari petugas admin server lima orang per hari, petugas Admin TI 16 orang per hari, petugas penanggung jawab lokasi 16 orang per hari, petugas penanggung Jawab Ti Lokasi 16 orang per hari, petugas Teknisi Listrik 16 orang per hari, petugas keamanan dan metal detektor 31 orang per hari, dan petugas pembantu pelaksana seluruh ruang 70 orang per hari.

Pihaknya berharap, dengan persiapan yang matang ini, gelaran SNBT di UB bisa berjalan lancar. "Kami berusaha memberikan fasilitas semaksimal mungkin kepada seluruh peserta yang melakukan test di UB," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES