Pendidikan UIN Malang

Bangga! Jurnal Jurisdictie Milik Fakultas Syariah UIN Malang Resmi Terindeks di Scopus

Selasa, 23 April 2024 - 17:29 | 26.31k
Rektor UIN Malang bersama Wakil Rektor 4 dan jajaran pimpinan Fakultas Syariah saat berfoto dengan sertifikat Jurnal Jursidictie yang sudah ter-index Scopus, Selasa (23/4/2024). (Foto: Humas UIN Malang)
Rektor UIN Malang bersama Wakil Rektor 4 dan jajaran pimpinan Fakultas Syariah saat berfoto dengan sertifikat Jurnal Jursidictie yang sudah ter-index Scopus, Selasa (23/4/2024). (Foto: Humas UIN Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) kembali menorehkan prestasi. Pencapaian kali ini datang dari Fakultas Syariah. Jurisdictie atau Jurnal Hukum dan Syariah milik Fakultas Syariah resmi terindeks di Scopus. Keberhasilan ini diraih setelah perjalanan yang panjang dan penuh dedikasi.

Prestasi gemilang ini diumumkan oleh Editor in Chief Jurnal Jurisdictie, Dr. Khoirul Hidayah, M.H, pada Selasa, 23 April 2024. Dia menjelaskan bahwa jurnal yang memuat tulisan penelitian tentang hukum Islam ini telah mengalami perjalanan yang penuh liku-liku sejak terbitan pertamanya pada tahun 2010.

"Dalam arahan Dekan Fakultas Syariah, scope jurnal Jurisdictie berubah menjadi hukum bisnis syariah, mengukuhkan komitmen untuk terus berkembang dan berinovasi," ungkap Dr. Khoirul.

Perjalanan panjang Jurisdictie mencapai puncaknya setelah melewati berbagai proses, termasuk pengajuan akreditasi nasional dan kenaikan peringkat di Sinta. Pada tahun 2021, jurnal ini mendapatkan hibah Diktis dan kemudian mengajukan proses submit ke Scopus, meski awalnya mengalami penolakan.

"Pengalaman ini sangat berharga, dan tim kami kembali melakukan perbaikan selama 2 tahun sebelum kembali mengajukan ke Scopus," tambah Dr. Khoirul.

Akhirnya, pada tanggal 7 April 2024, Jurisdictie diterima dan terindeks di Scopus, menjadi pencapaian yang membanggakan bagi seluruh sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Prestasi ini menjadi bukti komitmen dan kerja keras untuk terus meningkatkan mutu dan standar dalam penelitian hukum Islam dan bisnis syariah di Indonesia.

Semangat dan upaya yang telah dilakukan oleh seluruh tim Jurisdictie diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga-lembaga pendidikan lainnya dalam mengembangkan penelitian berkualitas serta meningkatkan daya saing di tingkat internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES