Pendidikan

Ketum PBNU Gus Yahya Terpilih sebagai Ketua MWA UI Periode 2024-2029

Jumat, 26 April 2024 - 09:16 | 28.65k
Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (foto: dok TI)
Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (foto: dok TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), terpilih menjadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) periode 2024-2029. Terpilihnya Gus Yahya ini menjadi bagian dari acara pisah-sambut kepengurusan MWA UI yang sebelumnya menjabat pada periode 2019-2024.

Pemilihan ini tertuang dalam Surat Keputusan Mendikbudristek Nomor 33263/M/06/2024, yang menandai pemberhentian dan pengangkatan anggota MWA UI untuk periode yang akan datang. Abdul Haris, direktur Jenderal Diktiristek Kemendikbud, memberikan apresiasi tinggi kepada anggota MWA periode sebelumnya dan menyambut anggota baru dengan harapan besar.

Rektor UI, Ari Kuncoro, mengungkapkan, pergantian pengurus adalah suatu hal yang alamiah dalam organisasi. Ia menekankan pentingnya transfer ilmu dan pengalaman antar anggota untuk memastikan kelangsungan kepemimpinan dan inovasi dalam mengelola universitas. 

Ari juga mencatat bahwa pengalaman menghadapi berbagai krisis, seperti pandemi Covid-19, telah meningkatkan kemampuan adaptasi dan inovasi UI, termasuk penggunaan teknologi seperti Zoom untuk memudahkan kerjasama internasional.

Daftar anggota terpilih MWA UI periode 2024-2029 mencakup 15 nama dari berbagai latar belakang profesional. Gus Yahya yang menjabat sebagai ketua. Adapun daftar lengkap anggota mencakup tokoh-tokoh dari kalangan akademisi, profesional, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Gus Yahya, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PBNU sejak tahun 2022-2027, adalah sosok yang memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dan pengalaman kepemimpinan yang luas. Ia adalah alumnus Departemen Sosiologi FISIPOL UGM dan telah mendapatkan pengakuan melalui pemberian gelar doktor honoris causa dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Keahliannya diharapkan akan membawa UI ke arah kemajuan yang lebih pesat di tengah tantangan pendidikan tinggi masa depan.

Serah terima kepengurusan ini bukan hanya sebuah prosedur administratif, tetapi juga simbol dari dedikasi dan komitmen para pemimpin pendidikan untuk terus mendorong inovasi dan kualitas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan dukungan dari semua pihak, UI diharapkan dapat terus berada di garis depan dalam inovasi pendidikan dan penelitian di Indonesia.

Daftar 15 Anggota MWA UI periode 2024-2029

Unsur masyarakat adalah KH Yahya Cholil Staquf (Ketua); Dr. (H.C.) Noni Purnomo, B.Eng, MBA; Dr. Muh. Yusuf Ateh, Ak., MBA, CSFA, CGCAE; Dr. Ir. Setia N Miliatia Moemin, MBA; Ir. Irfan Setiaputra; dan Dr. Dany Amrul Ichdan, S.E., M.Sc. Dari unsur dosen terdiri atas Prof. Dr. Ir. Praswasti PDK Wulan, M.T. (sekretaris);

Kemudian Prof. Dr. Tri Hayati, S.H., M.H.; Prof. Dr. Amy Yayuk Sri Rahayu, M.Si.; Dr. Enie Noviestari, S.Kp., M.S.N.; Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D.; Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A.; dan Prof. Dr. Budi Frensidy, S.E., Ak., M.Com., CPA.

Adapun dari unsur tenaga kependidikan diwakili oleh Tikka Anggraeni, M.Si., CPR dan dari unsur mahasiswa diwakili oleh Muhammad Zahid Abdullah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES