Pendidikan

Dies Natalies Ke-42 Polinema, Direktur Beberkan Capaian Kampus

Senin, 29 April 2024 - 17:55 | 34.33k
Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Supriatna Adhisuwignjo ST., MT. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Supriatna Adhisuwignjo ST., MT. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ada banyak capaian kampus yang dibeberkan Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Supriatna Adhisuwignjo ST., MT pada saat Rapat Terbuka Senat Akademik Polinema dalam rangka Dies Natailies ke-42 di Aula Pertamina Polinema, Senin (29/4/2024).

Dia menyebut, dalam kurun waktu beberapa tahun ini, sudah ada banyak kemajuan dan prestasi yang telah ditorehkan oleh Polinema. Salah satu yang paling menonjol adalah banyaknya jumlah progtam studi (Prodi) yang telah terakreditasi unggul.

Hingga akhir tahun 2023, Polinema tercatat telah memiliki  7 Jurusan dan 47 program studi baik jenjang Diploma II, Diploma III, Diploma IV dan Magister Terapan di Kampus Utama yang berada di Kota Malang maupun di Kampus Kota Kediri, Kabupaten Lumajang, dan Pamekasan.

"Pada tahun 2022 lalu, kita hanya punya 1 Program Studi yang terakreditasi unggul, dan 4 prodi dengan akreditasi A. Sedang pada tahun 2024 ini, Prodi yang telah terakreditasi Unggul sejumlah 17 Prodi, dan yang terakreditasi A sejumlah 1 Prodi," terangnya.

Selanjutnya, yang terakreditasi Baik Sekali sebanyak 2 prodi, terakreditasi B sejumlah 4 prodi, dan 21 program studi Terakreditasi Baik, serta 2 prodi belum terakreditasi. Untuk Peringkat akreditasi institusi sedang diperjuangkan agar di tahun 2024 ini, Polinema bisa memperoleh akreditasi UNGGUL.

Sementara dari 20 Prodi yang telah berhasil meraih Akreditasi Internasional dari ASIC-UK, dengan peringkat tertinggi Premium Institution pada tahun 2022 direncanakan pada tahun 2024 ini akan diinisiasi dan disiapkan untuk 3 prodi akan mengikuti tahapan persiapan akreditasi internasional dari Lembaga akreditasi internasional yang diakui oleh Kemendikbudristek.

"Alhamdulillah di awal tahun 2024 Polinema telah mendapatkan rekomendasi guna memperoleh sertifikasi ISO 21001:2018 sebagai peningkatan dari sertifikasi yang telah dimiliki sebelumnya yakni sertifikasi ISO 9001:2015," tuturnya.

Direktur melanjutkan, sesuai visi - misi Polinema dan tahap atau milestone pengembangan kampus yang ada di dalam dokumen Rencana Induk Pengembangan (RIP) Polinema, maka Polinema harus menyiapkan diri agar Polinema siap GO Internasional dan segera menjadi kampus bertaraf internasional.

"Pada saat ini Polinema telah memiliki 9 program studi Kelas Internasional, 7 Program Studi dengan Program Joint Degree, dan ada 30 mahasiswa asing yang berasal dari 5 (lima) negara yang sedang mengikuti kuliah di Kampus Polinema," terangnya.

Dia menyebut, seiring dengan pertambahan usia, Politeknik Negeri Malang pada saat ini sudah menjadi kampus yang cukup maju dan berkembang pesat. "Peringatan Dies Natalis Polinema tidak hanya menjadi ajang seremonial rutin tahunan semata, akan tetapi mari kita jadikan peringatan dies natalis ini menjadi sebuah momentum pengembangan kampus POLINEMA agar lebih baik lagi di masa yang akan datang," pungkas Supriatna. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES