Pendidikan

Tingkatkan Profesionalisme, Bidan dan Ners UMKU Kudus Jalani Sumpah Profesi

Rabu, 01 Mei 2024 - 16:44 | 25.88k
Para mahasiswa UMKU menjalani sumpah Profesi Bidan dan Profesi Ners di ruang serba guna kampus setempat.  (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)
Para mahasiswa UMKU menjalani sumpah Profesi Bidan dan Profesi Ners di ruang serba guna kampus setempat. (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KUDUS – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menggelar prosesi sumpah profesi. Sebanyak 69 mahasiswa Profesi Bidan dan 145 Profesi Ners, menjalani angkat sumpah di ruang serba guna kampus setempat, Rabu (1/5/2024).

Kegiatan angkat sumpah diawali pembacaan surat keputusan Dekan Fakultas Kesehatan UMKU. Kemudian dilanjutkan angkat sumpah secara berurutan, dari Profesi Ners dan Profesi Bidan. Mereka diangkat sumpahnya oleh Rektor UMKU Dr. Edy Soesanto.

Edy mengapresiasi para mahasiswa Profesi Ners dan Profesi Bidan yang berhasil menyelesaikan studinya. Ia mengajak bidan perawat sebagai bentuk ibadah dan memberikan pelayanan professional.

“Terus tingkatkan kompetensi, kuatkan softskill dan hargai mereka (orang-orang yang sakit) dengan pelayanan maksimal,” pinta Edy yang juga Sekretaris PPNI Jawa Tengah

Sementara itu, Ketua DPD IBI Jawa Tengah Hj Sumarsih menaambahkan, peningkatan profesi di perguruan tinggi dibutuhkan sebagai landasan professional. Sebab untuk memberikan pelayanan terbaik, maka perlu meningkatkan pengetahuan.

“Pelayanan bidan itu continue of care, layanan bayi dan perempuan ibu hamil, perlu kesadaran dan pemahaman untuk profesi pelayanan, organisasi profesi yang kuat dan adanya sistem pendidikan yang tersandar menghasilkan lulusan berdaya saing seperti kalian,” ungkapnya.

Di lain pihak, Ketua Bidang Pelayanan DPD PPNI Jawa Tengah Sukardjo menekankan pentingnya komitmen dari sumpah profesi. Alasannya, sumpah tersebut memiliki konsekuensi hukum. Apabila terjadi pelanggaran etika, maka ners harus terus meningkatkan kompetensi.

“Ini bukan akhir (angkat sumpah), tapi wajib memperkaya keilmuan dalam forum-forum lainnya,” pintanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES