Pendidikan

Ratusan Pelajar Kota Kediri Belajar Bersama Mengenal Museum dan Sejarah Benda Purbakala

Selasa, 07 Mei 2024 - 17:43 | 17.96k
Kegiatan Belajar bersama mengenal museum dan sejarah benda purbakala di museum Airlangga Kota Kediri (FOTO: Canda Adisurya/TIMES Indonesia)
Kegiatan Belajar bersama mengenal museum dan sejarah benda purbakala di museum Airlangga Kota Kediri (FOTO: Canda Adisurya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri Melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri mengundang ratusan pelajar SMA sederajat di Kota Kediri untuk mengikuti kegiatan belajar bersama mengenal museum dan sejarah yang digelar di area Wisata Selomangleng Kota Kediri, Selasa (7/5/2024).

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber Endah Budi Heriyani, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XI Provinsi Jawa Timur, Kasat Binmas Polres Kediri Kota Iptu Darwati dan Kejaksaan Negeri Kota Kediri Bidang Intelijen Wahyu Wasono, S.H, M.H.. 

Pj Wali Kota Kediri Zanariah yang membuka acara secara luring menyampaikan pesan kepada para siswa-siswi yang hadir untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar banyak hal dan menjadikan museum sebagai ruang pembelajaran yang inspiratif. 

"Saya berpesan kalian juga harus belajar banyak hal, seperti belajar bagaimana cara melestarikan dan cara menggambarkan benda koleksi museum yang dilihat dari segi hukum. Saya yakin kalian akan mendapatkan pengalaman berharga dari museum ini. Kita jadikan museum sebagai ruang pembelajaran yang inspiratif. Kita kenalkan budaya Nusantara minimal melalui akun medsos kita," pesannya. 

Menurut Zanariah, museum bukan hanya tempat untuk melihat benda-benda kuno. Ada berbagai macam benda lainnya seperti artefak, lukisan dan patung, dan manuskrip kuno yang bisa dipelajari. 

"Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut bisa diikuti peserta yang semakin beragama, dari berbagai jenjang sekolah. Seperti kita ketahui bahwa museum merupakan tempat yang penuh dengan sejarah dan ilmu pengetahuan," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Zachri Ahmad mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kemauan siswa mempelajari isi benda purbakala di Museum Airlangga, serta belajar sejarah khususnya lokal Kediri dan di Indonesia pada umumnya.

"Nanti bergilir setiap tahun, dengan begitu akhirnya seluruh SLTA/SMK Kota Kediri negeri maupun swasta dapat mengikuti kegiatan ini. Kami dari Dinas Kebudayaan menginginkan pelajar di Kota Kediri dapat mengenal sejarah peninggalan lokal di Kota Kediri kepada orang lain, " terang Zachrie.

Zachrie Ahmad berharap setelah mendapatkan ilmu dari kegiatan ini, para pelajar bisa berperan aktif sosialisasi kepada pelajar lainnya. 

"Museum Airlangga yang berada di kawasan Wisata Goa Selomangleng itu menyimpan koleksi benda purbakala berupa yoni, arca, keris dan benda bersejarah lainnya," ungkapnya.

Sementara, materi yang diberikan kepada para siswa meliputi pengenalan cagar budaya Kota Kediri, peran penegak hukum dalam pelestarian dan pengembangan cagar budaya serta bentuk perlindungan dan penyelamatan cagar budaya.

Sedangkan Endah Budi Heriyani, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XI Provinsi Jawa Timur selaku narasumber mengisi materi tentang Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Kegiatan belajar bersama di museum Airlangga diikuti ratusan pelajar tingkat SMA guna memperkenalkan budaya nusantara sekaligus mendongkrak jumlah kunjungan di museum Airlangga Kota Kediri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES