Pendidikan

Profesor University Malaya Bagi Tips Menulis Artikel Ilmiah untuk Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Senin, 06 Mei 2024 - 22:31 | 11.79k
Jajaran para pemateri 'Kuliah Kreatif' yang sedang memaparkan materi, Strategi Menulis Artikel Ilmiah, dan Asas Penulisan Kreatif Fiksi, Strategi Sukses dalam Dunia Perkuliahan. (FOTO: Indah Kumalasari/TIMES Indonesia)
Jajaran para pemateri 'Kuliah Kreatif' yang sedang memaparkan materi, Strategi Menulis Artikel Ilmiah, dan Asas Penulisan Kreatif Fiksi, Strategi Sukses dalam Dunia Perkuliahan. (FOTO: Indah Kumalasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Prof. Dr. Norhayati Binti Ab Rahman dari University Malaya berbagi tips mengenai cara menulis artikel ilmiah. Hal ini disampaikan saat Kuliah Produktif  "Strategi Menghasilkan Karya Fiksi dan Nonfiksi serta Berkontribusi dalam Bidang Akademik", yang digelar oleh Departemen Satra Indonesia Universitas Negeri Malang, Senin (6/5/2024).

Prof. Dr. Norhayati Binti Ab Rahman membuka sesi dengan membahas "Asas Penulisan Kreatif Fiksi". Dalam paparannya, ia menggambarkan bahwa penulisan kreatif adalah ekspresi dari buah pemikiran, gejolak perasaan, dan daya imaginasi yang unik untuk menyampaikan beragam konsep dan perasaan kepada pembaca.

Ia juga menyoroti pentingnya bakat, minat, dan usaha dalam menjelma menjadi seorang penulis yang produktif. ''Kunci sukses menjadi seorang penulis adalah dengan cara membaca, membaca, membaca, baru menulis," ucapnya.

Dalam menjelaskan bagaimana menjadi seorang penulis, ia menekankan empat hal utama: bakat, minat, usaha yang gigih dan lingkungan yang mendukung. Menurut beliau, bakat adalah modal awal yang harus diasah melalui minat dan usaha yang gigih. Lingkungan yang memberi dukungan, seperti keluarga, teman, dan guru, juga memegang peranan penting dalam membentuk seorang penulis yang berpotensi.

Kegiatan juga menghadirkan pemateri Prof. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum. dari Universitas Sebelas Maret, Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd. dari Universitas Negeri Malang. Acara ini diikuti dengan antusias oleh mahasiswa sastra, yang menyadari pentingnya pembelajaran dari para ahli di bidangnya. Diharapkan, dengan adanya kolaborasi semacam ini, mahasiswa dapat mengembangkan potensi mereka dalam menulis karya-karya yang berkualitas serta berkontribusi dalam dunia akademik secara lebih luas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES