Pendidikan

Gelar Karya Kolaborasi di SMKN 1 Turen, Siswa Totalitas Unjuk Keahlian dan Kekompakan

Sabtu, 11 Mei 2024 - 20:21 | 24.61k
Penampilan model fashion show, bersama desainer kreasi busana karya siswa-siswi kompetensi Tata Busana, dalam Gelar Karya Kolaborasi di SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang. (Foto Amin/TIMES Indonesia)
Penampilan model fashion show, bersama desainer kreasi busana karya siswa-siswi kompetensi Tata Busana, dalam Gelar Karya Kolaborasi di SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang. (Foto Amin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kesempatan unjuk kompetensi keahlian secara total diberikan kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Turen, Kabupaten Malang. Yakni, melalui Gelar Karya Kolaborasi yang bisa diikuti semua pelajar SMKN 1 Turen dalam tim sesuai bidang keahlian masing-masing. 

Pada Gelar Karya Kolaborasi, pelajar SMKN 1 Turen dalam tim sesuai konsentrasi keahlian masing-masing memperagakan kreasi kompetensinya. 

Yang ditampilkan, adalah fashion show atau parade busana oleh kelompok keahlian Tata Busana, atraksi Barista and Cooking oleh kelompok keahlian Tata Boga, dan Making Bed Art dan Florist Skill, oleh kelompok kompetensi Perhotelan. 

"Ajang Gelar Karya Kolaborasi ini adalah unjuk kompetensi bersama-sama. Kenapa disebut gelar kolaborasi, karena semua dalam konsentrasi keahlian terlibat. Jurusan Tata Busana saja tidak bisa menggelar, tanpa kolaborasi dengan konsentrasi keahlian lainnya," kata Kepala SMKN 1 Turen, Drs. Teguh Pramono, M.Pd, dalam keterangannya, Sabtu (11/5/2024). 

Lebih dari itu, Gelar Karya Kolaborasi yang diadakan ini menandakan, kekompakan di dalam warga SMKN 1 Turen. 

"Terselenggaranya Gelar Karya ini menjadi bukti karakter di SMKN 1 Turen, bahwa semua kompak untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan secara bersama-sama tujuan warga sekolah," tandasnya. 

Gelar karya kolaborasi busana tersebut untuk model disain bertema busana adat nusantara. Karya disain model busana ini dihasilkan para siswa, yang juga diperagakan langsung oleh model fashion show pelajar SMKN 1 Turen sendiri. 

Tak hanya itu, kolaborasi juga dari siswa-siswi kompetensi Teknik Komputer Jaringan, yang membuat background effect animasi pada videotrone panggung fashion show. 

Meramaikan acara Gelar Karya Kolaborasi ini, juga ditampilkan berbagai produk kreatif siswa hasil produk Kewirausahaan. Pembuatan stand pameran untuk memajang produk-produk tersebut dikoordinir siswa-siswi kompetensi Bisnis Digital SMKN 1 Turen. 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang, Dr Ema Sumiarti M,Si, hadir dan menikmati penampilan dan unjuk kompetensi pada Gelar Karya Kolaborasi SMKN 1 Turen tersebut.

Dalam sambutannya, Ema Sumiarti menyatakan apresiasnya atas karya-karya hasil kolaborasi siswa SMKN 1 Turen yang ditampilkan. "Tentu ini hasil karya kolaborasi yang luar biasa. Dan, kompetensi anak-anak SMK terbukti hebat-hebat. Namun, Saya berharap karya-karya terbaik ini tidak berhenti hanya di lngkup sekolah saja, harus dipikirkan juga untuk pemasarannya. Karena, sebagus apapun karya, tidak banyak diketahui masyarakat tanpa pemasaran," pesan Ema. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES