Pendidikan

Hadapi Era Teknologi, UM Gembleng Santri Milenial Kemampuan Digital Branding

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:52 | 16.11k

TIMESINDONESIA, MALANG – Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Malang (UM)  menggelar pelatihan bertajuk "Pelatihan Digital Branding dan Penguatan Potensi serta Motivasi untuk Berprestasi sebagai Santri Milenial."

Acara yang diadakan di Ruang Seminar Gedung A20 UM ini merupakan hasil kerja sama antara Departemen Fisika UM dengan SMA Zainul Hasan 1 Genggong.

Pelatihan dibuat untuk membekali santri milenial dan guru dengan keterampilan digital branding yang sangat penting di era digital. Selain itu, kegiatan ini juga dirancang untuk menguatkan potensi diri dan meningkatkan motivasi santri agar dapat berprestasi di berbagai bidang.

Beberapa narasumber berkompeten hadir mengisi pelatihan ini. Di antaranya adalah Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd. M.Si., Dr. Hetti Rahmawati, S.Psi., M.Si., Prof. Dr. Sentot Kussairi, S.Pd., M.Si., Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D., dan Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si.

Dr. Hetti Rahmawati dari Fakultas Psikologi UM menyampaikan materi tentang "Santri Milenial: Gali Potensi, Raih Prestasi." Dalam sesinya, Hetti menekankan pentingnya penggalian potensi diri dan memberikan berbagai strategi untuk meraih prestasi sebagai santri milenial. 

"Santri milenial harus mampu mengenali kompetensi mereka sendiri dan berani mengejar prestasi. Dengan pemahaman psikologis yang baik, mereka bisa lebih percaya diri dan termotivasi untuk meraih sukses," ujar Hetti.

Materi kedua tentang digital marketing disampaikan oleh Prof. Dr. Sentot Kusairi, seorang peneliti dan praktisi. Ia membahas strategi digital branding yang efektif, termasuk cara membangun personal branding dan memanfaatkan platform digital untuk memperluas jaringan dan peluang. 

Gaya khasnya dalam menggugah semangat santri dan guru menjadi kekuatan penting dalam sharing ilmu dan pengalaman beliau.

Padukan Jalur Langit dan Darat

Materi terakhir disampaikan oleh Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D., dan Prof. Dr. Ahmad Taufiq. Mereka memberikan sesi motivasi inspiratif, membahas tips dan trik mengidentifikasi dan mengembangkan potensi diri serta strategi untuk tetap termotivasi meraih prestasi, khususnya dalam studi. 

Perpaduan strategi “jalan darat” dan “jalan langit” dalam meraih sukses studi juga disampaikan, menambah optimisme dan semangat santri untuk terus maju berprestasi.

Prof. Dr. Arif Hidayat juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Departemen Fisika FMIPA UM untuk Pesantren Zainul Hasan Genggong. "Selanjutnya akan dilakukan pelatihan untuk penguatan kompetensi guru di Genggong, seperti penguatan profesionalisme guru, workshop asesmen dan media pembelajaran, kurikulum merdeka, atau yang lain," ungkap Prof. Arif.

Gus Awie, perwakilan pimpinan SMA Zainul Hasan 1 Genggong, menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini. "Kami sangat berterima kasih kepada Departemen Fisika UM yang telah menginisiasi pelatihan ini. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi santri kami, sehingga mereka dapat bersaing di era globalisasi," ujar Gus Awie.

Sementara, Kepala Sekolah Zainul Hasan 1 Genggong, Gus Lukman Qoyyiduddin Hasanul Bolqiah, menekankan pentingnya kerja sama dengan UM. "Kerja sama ini sangat penting untuk pembinaan dan penguatan sumber daya manusia, khususnya guru, serta peningkatan prestasi santri," kata Gus Bos, sapaan akrabnya.

Para peserta pelatihan, yang terdiri dari santri dan guru SMA Zainul Hasan 1 Genggong, terlihat antusias mengikuti setiap sesi. Mereka mendapatkan kesempatan untuk berlatih langsung dengan bimbingan para narasumber dan mendapatkan motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif antara peserta dan narasumber, serta pemberian doorprize bagi santri yang mampu menjawab dengan baik pertanyaan pemateri. Semua peserta terlihat sangat puas dengan materi yang diberikan dan berharap akan ada pelatihan lanjutan di masa mendatang.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan menjadi langkah awal bagi peserta untuk lebih mengenal dan memanfaatkan teknologi digital, serta mengembangkan potensi diri untuk meraih prestasi dalam berbagai aspek di masa depan. (*)

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES