Pendidikan

Peserta Didik Lulus 100 Persen, SMAN 1 Pacitan Eksis Cetak Akademisi Unggul

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:19 | 10.96k
Kepala SMAN 1 Pacitan, Adi Supratikto saat sambutan pelepasan siswa kelas XII, Kamis (16/5/2024). (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Kepala SMAN 1 Pacitan, Adi Supratikto saat sambutan pelepasan siswa kelas XII, Kamis (16/5/2024). (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Kamis (16/5/2024) menjadi momen spesial bagi 286 siswa Kelas XII SMAN 1 Pacitan. Mereka resmi dinyatakan lulus setelah menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun. 

Prestasi membanggakan ini menjadi bukti komitmen SMAN 1 Pacitan dalam mencetak generasi muda berprestasi dan berbudi luhur.

Tahun ini, SMAN 1 Pacitan kembali menorehkan tinta sejarah meluluskan 100 persen siswanya. Tak hanya itu, 36 siswa berhasil lolos Seleksi Nasional Berdasarkan prestasi (SNBP) dan 16 siswa diterima di Politeknik Kesehatan Negeri (Poltekkes) melalui jalur PMDP.

"Peluang diterima di PTN cukup besar. Tahun sebelumnya 95 persen melanjutkan kuliah ke sejumlah PTN dan swasta. Baik daerah maupun luar kota," ungkap Kepala SMAN 1 Pacitan, Adi Supratikto.

Meskipun 13 persen siswa memilih untuk tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, Adi Supratikto menegaskan bahwa SMAN 1 Pacitan tetap membekali mereka dengan ilmu dan keterampilan yang bermanfaat untuk masa depan.

"Tetap Life long education. Saya berpesan kepada anak-anakku tetap ingat dan tetap laksanakan, jadilah generasi muda yang berprestasi dan berbudi peserta baik," tuturnya. 

Lebih lanjut, Adi mewanti-wanti para siswa untuk terus belajar dan meraih cita-cita mereka. "Tetaplah menjadi generasi yang mandiri, cerdas berkarakter serta mampu bertanggungjawab," pintanya. 

Pelepasan Sederhana Penuh Makna

SMAN-1-Pacitan.jpgSuasana pelepasan siswa kelas XII SMAN 1 Pacitan nampak sederhana. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia) 

Berbeda dengan tradisi pelepasan siswa di sekolah lain, SMAN 1 Pacitan memilih untuk menggelar acara yang sederhana dan penuh makna. Hal ini dilakukan atas permintaan para siswa sendiri.

"Setelah kami jajaki, pelepasan yang dikehendaki siswa adalah seperti ini, tanpa kebaya. Hanya memakai seragam biasa. Kita dalam niat yang sama. Di sini tidak harus menyewa, ini tempat kita, tempat bersejarah," ungkap Adi.

"Sekali lagi meskipun tidak dalam pesta pora, kita harus mensyukuri capaian dan perjuangan para siswa selama ini. Selamat kepada putra-putriku sekalian. 237 siswa terdiri dari Prodi MIPA, dan 49 IPS kami nyatakan lulus 100 persen," ucapnya. 

"Sekali lagi meskipun tidak dalam pesta pora, kita harus mensyukuri capaian dan perjuangan para siswa selama ini," imbuhnya. 

Mewakili seluruh siswa kelas XII, Muhammad Alif Sumba menyampaikan rasa terima kasih kepada para guru yang telah mendidik mereka dengan penuh dedikasi.

"Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Ibu guru yang telah mencurahkan segenap waktunya mendidik kami selama 3 tahun," ucapnya.

Prestasi dan kelulusan siswa Kelas XII SMAN 1 Pacitan menjadi bukti komitmen sekolah dalam mencetak generasi muda yang siap berkontribusi bagi bangsa. Dengan bekal ilmu dan karakter yang kuat, para alumni diyakini mampu meraih kesuksesan di masa depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES