Pendidikan

76 Mahasiswa Asing dari 24 Negara Lakukan Interview Beasiswa di UIN Malang

Kamis, 16 Mei 2024 - 16:03 | 9.21k
Proses interview calon mahasiswa asing yang mengikuti program beasiswa di UIN Malang melalui aplikasi Zoom, Kamis (16/5/2024). (FOTO: Istimewa)
Proses interview calon mahasiswa asing yang mengikuti program beasiswa di UIN Malang melalui aplikasi Zoom, Kamis (16/5/2024). (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur beasiswa mahasiswa asing di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mulai memasuki tahap interview. Untuk itu pada Kamis (16/5/2024) tim penguji seleksi beasiswa mahasiswa asing di UIN Malang melakukan proses interview kepada 76 peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag mengatakan, 76 peserta tersebut berasal dari 24 negara di dunia. Banyaknya mahasiswa asing yang mendaftar dalam program ini menunjukkan betapa luasnya jangkauan internasional dari program beasiswa ini.

Meski animo pelajar dari luar negeri sangat tinggi, Prof Umi tetap menekankan agar proses seleksi dilakukan secara objektif dan berkualitas oleh tim penguji UIN Malang. "Saya meminta kepada seluruh tim penguji untuk bisa melakukan proses seleksi ini dengan baik dan objektif," ujarnya.

Profesor bidang Dirasah Islamiyah itu menambahkan, calon mahasiswa asing, baik yang akan menempuh studi sarjana maupun pascasarjana, harus menunjukkan keseriusan mereka dalam belajar serta kesediaan untuk mengikuti regulasi yang diterapkan di kampus UIN Malang.

Proses seleksi ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting, metode ini memungkinkan para peserta dari berbagai negara untuk mengikuti wawancara tanpa perlu hadir secara fisik di Indonesia.

Selama proses interview, peserta akan dinilai berdasarkan beberapa kriteria penting, termasuk motivasi mereka untuk belajar, pemahaman mereka tentang budaya dan sistem pendidikan di Indonesia, serta kemampuan akademik dan bahasa. "Kami ingin memastikan bahwa mereka yang lolos seleksi ini benar-benar siap dan mampu untuk menempuh pendidikan di sini," kata dia.

PMB jalur beasiswa mahasiswa asing ini adalah salah satu upaya UIN Malang untuk meningkatkan keragaman dan memperluas jejaring akademik internasional. Program ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara UIN Malang dengan berbagai institusi pendidikan di luar negeri.

"Proses seleksi ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan adil, sehingga pada akhirnya, UIN Malang dapat menerima mahasiswa-mahasiswa asing yang berkualitas dan siap untuk menghadapi tantangan akademik di masa mendatang," pungkas Prof Umi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES