Pendidikan

UM Adakan Co-Teaching Kepustakawanan Bersama UITM Malaysia

Selasa, 14 Mei 2024 - 19:06 | 2.84k
Penyerahan Cindera Mata, sebagai kenang - kenangan oleh Wakil Dekan II Dr. Edy Hidayat , S.Pd, M.Hum Fakultas Sastra UM  kepada Prof. Roziya binti Abu dari University Teknologi MARA (UITM) Malaysia. (FOTO: Indah Kumalasari/TIMES Indonesia)
Penyerahan Cindera Mata, sebagai kenang - kenangan oleh Wakil Dekan II Dr. Edy Hidayat , S.Pd, M.Hum Fakultas Sastra UM kepada Prof. Roziya binti Abu dari University Teknologi MARA (UITM) Malaysia. (FOTO: Indah Kumalasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Negeri Malang (UM), menyelenggarakan acara CO-TEACHING yang melibatkan kolaborasi dengan University Teknologi MARA Malaysia (UITM), Selasa (14/5/2024). Acara ini bertujuan untuk memadupadankan dua mata kuliah utama, yaitu "Trend Bidang Perpustakaan" dan "Perilaku Informasi.’’ yang diharapkan dapat memperkaya wawasan dan cara pandang mahasiswa UM.

Materi dalam acara ini disampaikan oleh Prof. Roziya binti Abu dari UITM Malaysia, dengan tema "Library and Information Science Trend in Malaysia." Dalam paparannya, Prof. Roziya binti Abu, Dosen Teknologi University Malaysia, mengulas berbagai jenis dan fungsi perpustakaan di Malaysia, yang tidak hanya berperan sebagai penyedia informasi tetapi juga sebagai sarana tata kelola dan pembelajaran di berbagai bidang. 

Prof. Roziya, mengatakan bahwa, ‘’jangan hanya berfokus pada masalah yang sedang terjadi, tapi juga harus bisa melihat peluang yang ada di masyarakat, Ucapnya.

Selain membahas tren bidang, informasi, dan perpustakaan dan fungsi perpustakaan, Prof. Roziya memberikan panduan tentang cara menyusun skripsi yang efektif. Beliau menekankan pentingnya melihat lingkungan sekitar sebagai inspirasi penelitian, dengan cara tidak hanya mempertanyakan '1 W' tapi juga mempertanyakan '5 W + 1 H'. Pendekatan ini mencakup: tren publikasi, isu trending, atau materi yang paling diminati oleh Mahasiswa. Beliau juga menekankan pentingnya melihat peluang di masyarakat, baik untuk penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Lebih lanjut,  Prof. Roziya juga menegaskan pentingnya metode pembelajaran yang adaptif dalam dunia pendidikan. Beliau menjelaskan tiga pendekatan utama: Pedagogi, yang berfokus pada pembelajaran anak-anak atau individu yang bergantung; Andragogi, yang merupakan fasilitasi pembelajaran bagi orang dewasa yang mandiri; dan Heutagogi, yang mengelola pembelajaran bagi peserta didik secara mandiri.

Acara CO-TEACHING ini diharapkan agar mahasiswa dapat mengerti betapa pentingnya peran informasi digital dan literasi digital bagi mahasiswa, khususnya Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang dalam memperkuat hubungan akademik antara Universitas Negeri Malang dan UITM Malaysia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES