Pendidikan

Umku Kudus Gelar Workshop Bisnis untuk UMKM

Kamis, 16 Mei 2024 - 22:59 | 12.55k
Para pelaku UMKM local asal Kabupaten Pati ikuti workshop dan pelatihan praktis oleh tim dosen Umku. (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES indonesia)
Para pelaku UMKM local asal Kabupaten Pati ikuti workshop dan pelatihan praktis oleh tim dosen Umku. (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES indonesia)

TIMESINDONESIA, PATIUniversitas Muhammadiyah Kudus (Umku) menggelar workshop dan pelatihan praktis untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bisnis para pelaku UMKM lokal asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Agenda yang melibatkan 40 pelaku UMKM ini, diinisiasi Umku bersama Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Juwana Pati ini, di aula PCM setempat, Kamis (16/5/2024).

Dalam workshop tersebut mencakup beragam materi terkait kebutuhan bisnis kecil dan menengah. Meliputi strategi pemasaran digital hingga manajemen keuangan. Pelatihan diampu oleh tim dosen Umku yakni Syahrial Aman, Sukma Wijayanti dan  Diana Tri Lestari.

Ketua tim dari Teknik Industri Umku, Syahrial mengatakan, banyak tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka di era digitalisasi.

“Karena itu, kami merancang workshop ini dengan wawasan dan keterampilan praktis, yang diharapkan dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka,” ujar Syahrial.

Sementara itu, Wahyudi salah satu peserta workshop mengaku antusias bisa mengikuti agenda yang berharga itu. Tentunya untuk meningkatkan pengetahuan dan jaringan bisnis mereka.

“Semoga kegiatan ini bisa dirasakan manfaatnya dan bisa membantu para pelaku UMKM agar  lebih maju dan sukses,” ujar Teguh yang juga sebagai ketua PCM Juwana.

 Setelah mengikuti workshop UMKM, Teguh berharap para peserta mendapatkan pendampingan intensif dari tim dosen UMKU agar bisnis yang dijalanakan sesuai harapan.

“Dengan dukungan dari Umku dan Penelitian Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, maka pelaku UMKM diharapkan terus berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES