Pendidikan

Dosen Psikologi UAD Raih Peringkat 1 Anugerah Academic Leader 2024 LLDIKTI V

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:32 | 19.57k
Dosen Fakultas Psikologi UAD Fatwa Tentama terpilih sebagai peserta terbaik peringkat 1 dalam Anugerah Academic Leader LLDIKTI Wilayah V 2024. (FOTO: UAD for TIMES Indonesia)
Dosen Fakultas Psikologi UAD Fatwa Tentama terpilih sebagai peserta terbaik peringkat 1 dalam Anugerah Academic Leader LLDIKTI Wilayah V 2024. (FOTO: UAD for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Dosen Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan atau UAD yakni Fatwa Tentama terpilih sebagai peserta terbaik Peringkat 1 pada Program Anugerah Academic Leader dalam bidang Ilmu Sosial dan Humaniora tingkat LLDIKTI wilayah V tahun 2024. 

Penganugerahan dan penyerahan sertifikat dosen sebagai Academic Leader di selenggarakan pada Kamis, 16 Mei 2024 di Hotel Grand Mercure Yogyakarta.

Melalui program Academic Leader ini diharapkan dosen di perguruan tinggi menjadi pemimpin keilmuan yang visioner, mampu menginspirasi dosen muda dan mahasiswa, unggul dalam karya inovatif yang bermakna nyata baik secara akademik maupun bagi pembangunan masyarakat, serta mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional.

Dekan Fakultas Psikologi UAD, Dra Elli Nur Hayati, MPH PhD Psikolog mengungkapkan Alhamdulillah, pak Fatwa mendapatkan peringkat 1 untuk maju ke tingkat Nasional dalam program Academic Leader, dari semua bidang hanya dosen dengan juara 1 yang akan maju ke tingkat Nasional mewakili LLDIKTI wilayah V.

“Saat seleksi wawancara saya menyampaikan bahwa dosen harus mempunyai  karya dan inovasi yang seimbang baik itu pengajaran, riset, publikasi, Kekayaan Intelektual (KI) dan pengabdian masyarakat serta kegiatan akademik penunjang lainnya, jangan sampai hanya fokus salah satunya saja,” kata Elli, Minggu (19/5/2024).

Prestasi ini sebutnya merupakan sejarah bagi Fakultas Psikologi UAD karena merupakan dosen yang pertama sepanjang sejarah Fakultas Psikologi yang mampu menjadi dosen berprestasi dan mendapatkan penghargaan anugerah Academic Leader di tingkat LLDIKTI wilayah V.

Elli menjelaskan proses panjang harus dilalui untuk sampai pada tahap pemenang dalam ajang Program Anugerah Academic Leader ini. Proses awal tentu dilakukan di internal semua perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI wilayah V. Dosen terbaik dikirimkan untuk menjadi wakil dari setiap perguruan tingginya untuk berkompetisi di tingkat LLDIKTI Wilayah V. 

Kemudian LLDIKTI wilayah V melakukan seleksi tahap pertama melalui penilaian dokumen atau portofolio yang telah dikirimkan masing-masing dosen perwakilan perguruan tinggi. Dosen terbaik sebagai pemenang yang lolos tahap awal tersebut akan diundang LLDIKTI wilayah V untuk ikut dalam seleksi tahap kedua yaitu seleksi wawancara. 

“Berdasarkan penilaian dokumen/portofolio dan wawancara tersebut sebagai dasar penentuan peraih anugerah Academic Leader peringkat satu dan dua,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada di tahun 2024 ini Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta menyelenggarakan Program Anugerah Dosen sebagai Academic Leader tingkat LLDIKTI wilayah V Tahun 2024. 

Penghargaan anugerah Academic Leader diberikan kepada dosen yang selama bertugas telah menghasilkan karya inovatif bidang pembelajaran, penelitian, publikasi, kekayaan intelaktual (KI) dan pengabdian kepada masyarakat, berkontribusi nyata terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi (PT), menginspirasi teman sejawat dan mahasiswa serta memberi bermanfaat bagi pembangunan nasional. 

Fatwa Tentama merupakan salah satu Dosen Fakultas Psikologi UAD yang berhasil meraih penghargaan Academic Leader LLDIKTI Wilayah V Tahun 2024 sebagai pengakuan atas dedikasi dan kontribusi yang luar biasa dalam dunia akademik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES