Pendidikan

SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang Gembleng Siswa Jadi Pemimpin Masa Depan Amanah

Jumat, 24 Mei 2024 - 14:48 | 26.48k
Ziyana Mumtazah tim kreatif TIMES Indonesia biro Jombang saat mengisi materi public speaking pada LPKS SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang di SDIT Nurul Ilmi Rejoagung, Ploso, Jombang, Jum'at (24/5/2024). (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Ziyana Mumtazah tim kreatif TIMES Indonesia biro Jombang saat mengisi materi public speaking pada LPKS SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang di SDIT Nurul Ilmi Rejoagung, Ploso, Jombang, Jum'at (24/5/2024). (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – SMP Islam Terpadu (SMPIT) Ar Ruhul Jadid Jombang kembali menggelar kegiatan Latihan Pengembangan Kepemimpinan Siswa (LPKS) sebagai bagian dari upaya membentuk generasi muda yang berjiwa pemimpin dan bertanggung jawab. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari hari mulai tanggal 24-25 Mei 2024 diikuti oleh 27 siswa dari berbagai kelas mulai dari kelas 7 dan 8 yang menjadi anggota OSIS.

Acara yang diadakan di kompleks SDIT Nurul Ilmi Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang diisi dengan berbagai kegiatan yang dirancang untuk mengasah kemampuan kepemimpinan siswa yang berjiwa amanah.

Mulai dari sesi pelatihan, diskusi kelompok, hingga simulasi kepemimpinan, semuanya diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kerja sama, dan keterampilan komunikasi siswa hingga pendalaman keislaman.

SMPIT-Ar-Ruhul-Jadid-Jombang-2.jpgPenyerahan piagam penghargaan kepada pemateri dari Kepala Sekolah SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

Untuk menunjang kemampuan kepemimpinan siswa tersebut, juga mendatangkan pemateri yang hebat dan berpengalaman salah satu mendatangkan tim dari TIMES Indonesia yakni Ziyana Mumtazah sebagai pemateri Public Speaking.

Dalam hal ini, perempuan yang akrab disapa Kak Zee selain memberikan pelatihan juga memberikan semangat kepada para siswa agar tampil percaya diri dihadapan publik.

“Seru, adik-adik juga kreatif dan aktif. Saya yakin mereka akan menjadi pemimpin yang hebat dikemudian hari,” ujarnya, Jumat (24/5/2024).

Menurutnya, pemimpin yang hebat tidak dilahirkan dengan cara yang instan. Para pemimpin hebat lahir dari perjuangan dan dedekasi yang kuat dalam belajar.

"Pemimpin yang hebat adalah mereka yang mampu menginspirasi dan memotivasi orang lain. Kalian semua memiliki potensi untuk menjadi pemimpin hebat, asalkan mau belajar dan berusaha," katanya.

Sementara itu, Umi Agustina Kesiswaan SMPIT Ruhul Jadid Jombang menekankan pentingnya kegiatan seperti LPKS dalam membentuk karakter siswa. 

"Kepemimpinan adalah keterampilan yang sangat penting di era modern ini. Melalui LPKS, kami berharap siswa dapat mengembangkan potensi mereka dan menjadi pemimpin yang bijaksana di masa depan," paparnya.

Perempuan yang akrab disapa Ustazah Umi menerangkan bahwa LPKS juga fokus pada pengembangan soft skills siswa. 

"Kemampuan teknis memang penting, tetapi soft skills seperti komunikasi, empati, dan kemampuan bekerja dalam tim juga sangat krusial. Kami ingin siswa-siswa kami tidak hanya pintar secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan sosial yang baik," tuturnya.

SMPIT-Ar-Ruhul-Jadid-Jombang-3.jpgFoto bersama pemateri, kepala sekolah dan peserta LPKS SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

Dengan diadakannya LPKS, SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang menunjukkan komitmennya dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kepemimpinan yang kuat. Ustazah Umi juga kembali mengingatkan siswa tentang pentingnya terus mengembangkan diri.

"Semoga para siswa bisa mengambil pelajaran dari kegiatan ini dan menjadi pemimpin masa depan yang membawa perubahan positif bagi masyarakat," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES