Pendidikan UIN Malang

Klinik UIN Malang Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Selasa, 28 Mei 2024 - 21:01 | 15.20k
Rektor UIN Malang Prof Zainuddin saat mengecek fasilitas yang ada di Klinik UIN Malang, Selasa (28/5/2024). (Foto: Humas UIN Malang)
Rektor UIN Malang Prof Zainuddin saat mengecek fasilitas yang ada di Klinik UIN Malang, Selasa (28/5/2024). (Foto: Humas UIN Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang), Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA meminta Klinik UIN Malang bisa terus meningkatkan kualitas pelayanan yang mereka miliki. Sejalan dengan ini, saat ini mereka tengah menjalani proses akreditasi sebagai langkah penting untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Proses ini melibatkan assesmen online dan lapangan oleh tim surveyor dari Lafskespri, yaitu Dr. dr. Farida Rusnianah, M.Kes, SP.KKLP (K) dan Anang Yulianto, S.Kep. S.H., MM. CRM. Selasa, 28 Mei 2024.

Rektor UIN Malang menekankan pentingnya akreditasi sebagai jaminan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Keberadaan klinik ini sangat penting untuk membantu dan melayani kesehatan tidak hanya bagi sivitas akademika UIN Malang saja tapi juga untuk masyarakat sekitar. Ini sudah menjadi komitmen UIN Malang untuk bisa memberikan kontribusinya di bidang kesehatan,” ujarnya Selasa (28/5/2024).

Prof. Zainuddin menyatakan harapannya agar proses asesmen oleh Lafskespri ini dapat membantu Klinik Rawat Jalan UIN Maliki Malang terus menjaga kualitas dan pelayanan di bidang kesehatan. Dia juga menekankan pentingnya pembaruan sarana dan prasarana serta alat kesehatan yang sesuai standar untuk mendukung peningkatan mutu layanan.

Kepala Klinik UIN Malang, dr. Christyaji Indradmojo, Sp.EM, juga menegaskan bahwa regulasi akreditasi klinik memiliki nilai yang sangat penting. Menurutnya, akreditasi klinik bukan hanya sekadar pengakuan kualitas, tetapi juga merupakan langkah untuk meningkatkan dan menjamin mutu pelayanan serta keselamatan pasien.

"Dengan adanya regulasi ini, diharapkan setiap klinik dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan terukur,” ungkapnya.

Proses akreditasi ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Khusus untuk akreditasi klinik, aturannya diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1983/2022 tentang Standar Akreditasi Klinik.

Dengan menjalani proses akreditasi ini, Klinik Rawat Jalan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, memberikan perlindungan yang lebih baik bagi sumber daya manusia, serta mendukung program-program pemerintah di bidang kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES