Pendidikan

Gandeng Asia University Taiwan, Strategi UMK Perluas Jejaring Internasional

Jumat, 31 Mei 2024 - 21:35 | 15.67k
Rektor UMK, Prof. Darsono (kiri) bersama Dean Office of International Affairs, Asia University, Prof. Yinghuei Chen (tengah)
Rektor UMK, Prof. Darsono (kiri) bersama Dean Office of International Affairs, Asia University, Prof. Yinghuei Chen (tengah)

TIMESINDONESIA, KUDUSUniversitas Muria Kudus (UMK) menjalin kerja sama dengan Asia University Taiwan yang diperkuat dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Kerja sama UMK ini bertujuan mengembangkan jejaring di luar negara-negara ASEAN.

Agenda Mou bertajuk ‘Collaboration with Association of Muslim Community in Southeast Asia’ ini, UMK bersama AMCA (Asosiasi Muslim Community Souteast Asia) menandatangani MoU dengan Asia Univesity, Taichung Taiwan.

“Dalam kesempatan kali ini, juga bersamaan dilakukan penandatanganan 10 Rektor PTN (perguruan tinggi negeri) dan PTS (perguruan tinggi swasta) di Indonesia,” ujar Rektor UMK, Prof. Darsono yang dikonfirmasi Jumat (31/5/2024).

Darsono berharap putaran AMCA ke-10 membawa efek multiplier positif bagi UMK yang baru pertama bergabung. Sebab banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dengan Asia University.

Darsono memaparkan, manfaatnya yakni sebagai sumber belajar berbasis AI dan chat GPT (Generative Pre-training Transformer) atau kecerdasan buatan, student dan lecturer mobility dan lainnya.

“Dengan kerja sama itu, kami berharap bisa meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma di UMK,” terang Darsono.

Sementara itu, Dean Office of International Affairs, Asia University, Prof. Yinghuei Chen mengaku memberikan peluang kerja sama terbuka bagi PTS dari Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya mahasiswa dari Indonesia yang belajar di Asia University.

“Total ada sekitar 200 mahasiswa (asal Indonesia). Universitas kami didesign agar friendly dengan dunia Islam. Di kampus ini juga dibangun masjid dan kantor urusan Islam,” terangnya.

Untuk diketahui, Rektor UMK juga didampingi Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama UMK, Achmad Hilal Madjdi, serta Kepala Bagian Urusan Internasional Linfokom, Atik Rokhayani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES