Pendidikan

Berbudaya Kreatif dengan Memanfaatkan AI ala Bayu Skak

Jumat, 31 Mei 2024 - 20:31 | 10.68k
Seminar
Seminar

TIMESINDONESIA, MALANGUniversitas Negeri Malang menggelar seminar bertajuk "Menerapkan Budaya Kreatif di Kalangan Mahasiswa" yang menghadirkan Bayu Eko Moektito atau yang lebih dikenal dengan nama Bayu Skak sebagai pemateri. Acara ini dilaksanakan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang pada Senin, (31/5/2024).

Bayu Skak, merupakan mahasiswa alumni Universitas Negeri Malang (UM) dan seorang konten kreator serba bisa yang memiliki pengalaman luas di dunia perfilman, penyutradaraan, penulisan naskah, YouTube, komedi, musik, dan penulisan lagu. Dalam seminar tersebut, Bayu membagikan dua tips utama dalam menerapkan budaya kreatif, khususnya bagi mahasiswa yang akan terjun ke dunia industri yang terus berkembang.

 ‘’Sebagai generasi muda, kita harus berani untuk berbudaya kreatif," ucapnya.

Ia menekankan pentingnya memiliki budaya kreatif yang tidak hanya berguna untuk diri sendiri, tetapi juga untuk memajukan negara. Menurut Bayu, berbudaya kreatif berarti mengadopsi kebiasaan mencari solusi dan mengembangkan ide dari berbagai masalah yang ada di masyarakat.

Bayu juga menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara lokalitas dalam skala universal dalam berkarya. "Boleh lokal, tapi rasa harus universal," tuturnya.

Ini berarti, dalam berkreasi, kita harus bangga dengan budaya dan bahasa daerah masing-masing, namun tetap menghasilkan karya yang dapat diterima di seluruh dunia.

Bayu juga membagikan prinsip "Kenali, Cintai, Konsumsi" yang telah ia terapkan dalam merancang kariernya. Ia juga menyoroti peran kecerdasan buatan (AI) dalam mengembangkan budaya kreatif. Menurutnya, AI dapat menjadi alat yang sangat membantu untuk menggali potensi diri dan berkolaborasi dengan dunia luar, tanpa mengesampingkan nilai-nilai lokal.

Dengan adanya seminar ini, Universitas Negeri Malang berharap dapat mendorong mahasiswa untuk lebih berani dan kreatif dalam mengeksplorasi ide-ide baru, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan dunia industri dengan terus mengembangkan budaya kreatif demi kemajuan bangsa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES