Pendidikan

Jawab Kebutuhan Zaman, FISIP UB Buka Prodi Baru Magister Sains Psikologi

Kamis, 06 Juni 2024 - 16:04 | 15.33k
Seremonial pemotongan tumpeng sebagai tanda peresmian prodi baru Magister Sains Psikologi di Gedung Widyaloka UB, Rabu (5/6/2024). (FOTO: Istimewa)
Seremonial pemotongan tumpeng sebagai tanda peresmian prodi baru Magister Sains Psikologi di Gedung Widyaloka UB, Rabu (5/6/2024). (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) resmi membuka prodi baru Magister Sains Psikologi yang ada di naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Prodi yang dilaunching pada Rabu (5/6/2024) itupun siap menerima mahasiswa baru mulai tahun ajaran 2024/2025 ini.

Dekan Fisip UB Prof Anang Sujoko, SSos, MSi, DCOMM, menerangkan, hadirnya Magister Sains Psikologi ini adalah sebagai pengembangan keilmuan dan juga untuk menjawab kebutuhan zaman.

"Saat ini kita dihadapkan dengan fenomena yang kadang tidak sinkron antara ekspektasi dengan realita. Maka kehadiran Magister Sains Psikologi membuka ruang untuk berperan lebih banyak terhadap situasi tersebut,” ucapnya, Kamis (6/6/2024).

Magister-Sains-Psikologi-2.jpg

Anang mengatakan, pihaknya yakin tidak akan butuh waktu lama untuk prodi ini bisa meraih akreditasi unggul. Perkiraannya, Magister Sains Psikologi ini bisa meraih akreditasi unggul dalam dua tahun. Bukan tanpa alasan, karena Departemen Psikologi sendiri telah memiliki semua komponen yang layak untuk mendukung tercapai akreditasi unggul.

Prof Anang mengungkapkan, Magister Sains Psikologi FISIP UB telah memenuhi ketentuan untuk mencapai Akreditasi Unggul. Dimana semua dosen pengampu yang akan bertugas telah bergelar doktor, dan mereka memiliki spesifikasi yang beragam.

“Kalau saya menilai sudah memenuhi persyaratan untuk menuju unggul. Setelah itu langkah kita menuju internasional bereputasi,” terangnya.

Ketua Departemen Psikologi FISIP UB Ali Mashuri, SPsi, MSc, PhD, mengatakan Prodi Magister Sains Psikologi FISIP UB secara formal telah terdaftar di PDDIKTI. Itu artinya Departemen Psikologi UB punya portofolio yang kuat.

“Memang membutuhkan upaya yang besar untuk membuka prodi ini. Tidak instan. Perlu effort untuk bisa mendapatkan izin dari Dikti,” ucapnya.

Pada penerimaan pertama ini Departemen Psikologi UB menerima calon mahasiswa lulusan S1 Psikologi dan lulusan S1 Non Psikologi. Namun, bagi mahasiswa lulusan S1 Non Psikologi diwajibkan untuk mengikuti program Matrikulasi yang dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai.

“Kegiatan Matrikulasi ini dilakukan untuk menyamakan pengetahuan dasar tentang ilmu psikologi kepada seluruh peserta perkuliahan,” jelasnya

Penerimaan calon mahasiswa baru Magister Sains Psikologi dibuka secara online pada 3 Juni 2024, dan berakhir pada 12 Juli 2024. Calon mahasiswa baru yang memenuhi persyaratan akademik dan administrasi yang ditetapkan akan mengikuti tes seleksi pada 15-26 Juli 2024. Dan hasil seleksi diumumkan pada 5 Agustus 2024.

Informasi pendaftaran Magister Sains Psikologi dapat dilihat di website www.selma.ub.ac.id atau https://s.ub.ac.id/psi-magister, atau melalui akun Instagram @magistersainspsikologiub.

Ali menegaskan, dibukanya progam magister ini diperuntukan untuk memperluas dan memperdalam pemahaman akan bidang Psikologi, serta memenuhi kebutuhan akan akademisi berkualitas di Indonesia sesuai amanat Undang-undang No. 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi.

Magister Sains Psikologi menawarkan kurikulum yang komprehensif, termasuk Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis dan Kesehatan, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, serta Pengukuran Psikologi/Psikometri.

“Dengan fokus pada pemahaman ilmiah yang mendalam, program ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi berbagai karir di sektor publik maupun swasta, serta untuk melanjutkan studi doktoral dalam bidang Psikologi,” pungkas Ketua Departemen Psikologi FISIP UB ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES