Pendidikan UIN Malang

UIN Malang Siapkan Dosen Naik Jabatan ke Lektor Kepala hingga Guru Besar

Jumat, 07 Juni 2024 - 20:24 | 15.83k
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang terus berupaya untuk memberikan pengajaran yang terbaik. Salah satu wujud akan hal itu yakni dengan mendorong para dosennya untuk bisa terus naik tingkat pada jabatan akademik, hingga menjadi seorang guru besar.

Untuk menyiapkan hal itu, pada Jumat (7/6/2024), UIN Malang menggelar koordinasi persiapan usulan jabatan akademik Lektor Kepala (LK) dan Guru Besar (GB) masa peralihan di Ruang Rapat Gedung Rektorat UIN Malang lantai 3.

Wakil Rektor 1 UIN Malang, Prof Umi Sumbulah menekankan pentingnya koordinasi ini sebagai langkah strategis untuk mempersiapkan pengajuan jabatan akademik yang lebih matang dan terstruktur.

"Pertemuan ini sangat krusial untuk memastikan bahwa semua persyaratan dan prosedur dapat dipenuhi dengan baik. Koordinasi yang baik akan memperlancar proses usulan jabatan akademik sehingga dapat meningkatkan kualitas dan jumlah tenaga pengajar berjabatan akademik di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," ujarnya.

Prof Umi juga menyampaikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh para dosen. Pertama, yakni pentingnya pemahaman mendalam mengenai regulasi dan persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Kita harus benar-benar memahami setiap detail regulasi agar tidak ada kesalahan dalam pengajuan dokumen," tegasnya.

Kedua, yakni tentang pentingnya kualitas penelitian dan publikasi ilmiah sebagai salah satu syarat utama dalam pengajuan jabatan akademik.

"Penelitian dan publikasi ilmiah harus terus ditingkatkan. Ini bukan hanya soal memenuhi syarat, tetapi juga soal kontribusi kita terhadap ilmu pengetahuan dan reputasi akademik kampus," tambahnya.

Ketiga, dia menekankan perlunya sinergi dan kerjasama antara semua pihak yang terlibat. "Koordinasi ini juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama antar unit di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Semua pihak harus saling mendukung dan bekerja sama demi mencapai tujuan bersama," kata Prof Umi.

Diketahui, hingga saat ini UIN Malang telah memiliki 67 orang guru besar dari berbagai bidang. Tentu tahun ini ditargetkan ada beberapa penambahan guru besar baru.

Dengan diadakannya koordinasi ini, dia berharap dapat meningkatkan jumlah dosen yang berhasil meraih jabatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kampus.

"Kami optimistis, dengan persiapan yang baik dan kerja sama yang solid, kita dapat mencapai target yang telah ditetapkan," pungkas Wakil Rektor 1 UIN Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES