Pendidikan

Cerita Wisudawan Doktoral Terbaik Unisma, Istikomah Nulis 2 Lembar Setelah Salat Subuh

Sabtu, 08 Juni 2024 - 20:13 | 14.81k
Dwi Maryono, wisudawan terbaik dari program doktoral dalam wisuda periode 73 Unisma, Sabtu (8/6/2024). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Dwi Maryono, wisudawan terbaik dari program doktoral dalam wisuda periode 73 Unisma, Sabtu (8/6/2024). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ada sebuah tips yang diberikan oleh Dwi Maryono untuk para mahasiswa agar bisa lulus kuliah tepat waktu, dengan hasil yang memuaskan. Tips yang dia berikan itu, telah dia lakukan selama 5 semester, atau sejak dia mengambil studi S3 di Universitas Islam Malang (Unisma).

Berkat  tips itu, Dwi Maryono berhasil lulus S3 tepat waktu hingga dia didapuk menjadi wisudawan terbaik dari Program Doktoral dalam  wisuda Periode 73 yang digelar Unisma, Sabtu (8/6/2024).

Pria yang juga sebagai dosen di Prodi Pendidikan Agama Islam itu menyampaikan, pada awal melanjutkan studi S3, dia diberikan tips dan trik oleh temannya. Yakni, untuk bisa istikomah membaca buku dan menulis setiap hari.

"Jadi setiap hari saya harus menyempatkan diri untuk membaca dan menulis. Setelah salat isya, atau sebelum tdur, saya membaca 1 sampai 2 lembar. Kemudian setelah salat subuh, menulis 2 - 3 lembar dari bacaan yang telah saya baca," ucapnya.

Hal itu ternyata sangat efektif baginya sehingga dia punya kebiasaan baik, yang bisa memperlancar dia untuk menyelesaikan kuliah doktoralnya. Dan aktivitas ini berjalan selama 2,5 tahun, atau selama 5 semester.

Pria yang juga menjabat sebagai Biro Pendidikan, Riset, dan SDM di Unisma ini pun lulus setelah membuat disertasi berjudul  'Entrepreneurial Spirit dalam Mengembangkan Pondok Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang' dengan IPK 3,78 predikat dengan pujian.

Setelah menerapkan sendiri tips ini dan efektif untuk dilakukan, Dwi mengaku akan merekomendasikan tips ini kepada para mahasiswa, agar mereka juga bisa menempuh studi dengan maksimal dan lulus tepat waktu.

"Tidak hanya untuk mahasiswa, teman-teman saya yang juga di S3, yang sebelumnya kuliahnya molor, akhirnya bisa lanjut dan selesai setelah menerapkan tips ini. Sehingga saya kira ini sangat bagus dan bisa diterapkan oleh siapapun," pungkas mahasiswa S3 Unisma ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES