Pendidikan

Wisuda UIN KHAS Jember, Rektor Bekali Tiga ‘Azimat’ untuk Ratusan Wisudawan

Selasa, 11 Juni 2024 - 15:17 | 8.66k
Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Hepni saat memberikan sambutan dalam prosesi wisuda sarjana dan pascasarjana (FOTO: Humas UIN KHAS for TIMES Indonesia)
Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Hepni saat memberikan sambutan dalam prosesi wisuda sarjana dan pascasarjana (FOTO: Humas UIN KHAS for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember (UIN KHAS Jember), menggelar wisuda ke-58 untuk program sarjana dan ke-40 program Pascasarjana.

Wisuda tersebut berlangsung di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) UIN KHAS Jember, dan dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, dosen, orang tua wisudawan, serta tamu undangan, Selasa (11/6/2024).

Tampak prosesi wisusa ratusan wisudawan berlangsung khidmat dan disaksikan langsung  orang tua mereka. 

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Hepni dalam pidatonya menyampaikan apresiasi dan mengaku bangga terhadap para wisudawan yang telah berjuang menyelesaikan pendidikan mereka dengan penuh dedikasi. 

Menurutnya, lulusan Program Sarjana S-1 dan Pascasarjana S-2 memegang peranan penting dalam mendukung perkembangan UIN KHAS Jember ke depan.

Ia menegaskan, para lulusan yang diwisuda hari ini tidak hanya membawa gelar akademik, tetapi juga tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa, agama dan masyarakat. 

“Mereka adalah agen perubahan yang siap memberikan pencerahan, peningkatan, dan pemberdayaan dalam masyarakat," kata dia. 

Ia juga memberikan tiga bekal penting yang harus dijadikan pegangan oleh para wisudawan. Yakni Enlightenment (Pencerahan), Enrichment (Peningkatan), dan Empowerment (Pemberdayaan). 

Ia berharap, tiga aspek ini dapat menjadi landasan bagi para lulusan dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama studi di UIN KHAS Jember.

Pertama, enlightenment (Pencerahan). Para lulusan diharapkan mampu menjadi sumber inspirasi dan pencerahan bagi lingkungan sekitar mereka. 

“Dengan pengetahuan dan wawasan yang luas, mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan membawa perubahan yang baik di tengah masyarakat,” harap dia. 

Kedua, Enrichment (Peningkatan): Ilmu yang telah diperoleh selama studi hendaknya terus ditingkatkan dan dikembangkan. 

Menurutnya, proses belajar tidak berhenti di bangku kuliah, melainkan terus berlanjut sepanjang hayat. Dengan semangat peningkatan diri, para lulusan diharapkan mampu bersaing di dunia global yang semakin kompetitif.

Ketiga empowerment (Pemberdayaan):

Para lulusan harus mampu memberdayakan diri sendiri dan orang lain. 

“Dengan memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki, mereka diharapkan dapat menciptakan peluang dan memberikan kontribusi nyata dalam memajukan kesejahteraan masyarakat,” terang dia. 

Menurutnya, wisuda kali ini menjadi momentum penting bagi UIN KHAS Jember untuk terus berkomitmen dalam mencetak generasi yang berkualitas, berdaya saing, dan berakhlak mulia.  “Semoga para lulusan dapat mengemban amanah ini dengan baik dan terus membawa nama baik almamater di manapun mereka berada,” harap dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES