Pendidikan

Pemkab Sleman Kembali Buka Beasiswa Perguruan Tinggi Bagi Pelajar Kurang Mampu

Senin, 10 Juni 2024 - 22:08 | 9.25k
Sosialisasi tahapan mekanisme seleksi beasiswa Sleman Pintar di Kampus AMIKOM Yogyakarta, pada Senin (10/6/2024). (FOTO: Rahadian/TIMES Indonesia)
Sosialisasi tahapan mekanisme seleksi beasiswa Sleman Pintar di Kampus AMIKOM Yogyakarta, pada Senin (10/6/2024). (FOTO: Rahadian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman kembali membuka program beasiswa kuliah gratis, melalui program Sleman pintar III. Beasiswa Pemkab Sleman ini diperuntukkan bagi anak dari  keluarga miskin dan rentan miskin yang memiliki semangat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. 

Program unggulan Tim Koordinasi Penanggulangan kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sleman ini telah dimulai sejak 2022 dan saat ini telah memberikan beasiswa kuliah gratis kepada lebih dari 400 mahasiswa. 

"Pada tahun ketiga program Sleman pintar ini diupayakan peningkatan kesiapan para calon peserta dan penyempurnaan mekanisme seleksi," kata Ketua TKPK Sleman, Danang Maharsa, Senin (10/6/2024). 

Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan kesiapan peserta, sekaligus menyempurnakan bagaimana proses mekanisme seleksi penerima program. Satu di antaranya dengan memberikan informasi awal tentang perkuliahan sekaligus menjelaskan tahapan mekanisme seleksi. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang sinema, Kampus AMIKOM Yogyakarta, pada Senin (10/6/2024). Kegiatan ini dihadiri ratusan pelajar lulusan SMA sederajat dari 17 Kapanewon di Sleman. 

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menuturkan program Sleman Pintar merupakan program unggulan untuk mengentaskan kemiskinan melalui akses gratis pendidikan. 

Baginya, kesusksesan program beasiswa perguruan tinggi bagi anak dari keluarga tidak mampu ini bukan hanya sekadar menjalankan tugas, melainkan panggilan kemanusiaan. Program Sleman Pintar dicanangkan sebagai upaya memutus rantai kemiskinan di Sleman.

"Ketika saya bisa membantu, saya merasa sudah melakukan panggilan kemanusiaan, lebih dari sekedar menjalankan tugas. Semoga masa depan anak-anak Sleman jauh lebih baik," kata Danang.

Pendaftaran calon peserta program beasiswa ini dibuka Rabu, 12 Juni 2024. Pendaftaran bisa diakses melalui link yang disediakan Dinas Sosial Kabupaten Sleman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES