Pendidikan

Kenalkan Bintang Timur Ocean Park, Delegasi UB Raih Juara I Reveal SRE UB

Rabu, 12 Juni 2024 - 21:04 | 25.36k
Delegasi UB yang berhasil meraih juara 1 dalam REVEAL 2024, yang diadakan oleh SRE di UB. (FOTO: Istimewa)
Delegasi UB yang berhasil meraih juara 1 dalam REVEAL 2024, yang diadakan oleh SRE di UB. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pretasi membanggakan kembali di raih oleh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB).

Kali ini delegasi dari beberapa Fakultas berhasil meriah juara 1 dan Best Poster Innovation Paper Competition (IPC) dalam ajang Renewable Energy Innovation Festival (REVEAL) 2024, yang diadakan oleh Society of Renewable Energy (SRE) di UB.

Delegasi UB ini terdiri atas 3 orang mahasiswa, yakni Dio Pratama Putra Matruty dari Fakutas Hukum, dan Rizki Bagus Hadi Kusuma serta M Nur Fathier Salim dari Fakultas Teknik.

Ketua tim delegasi, Dio Pratama mengatakan, Indonesia berada di peringkat 2 sebagai negara dengan penghasil emisi karbon terbesar di dunia bukanlah hal yang membanggakan. Minimnya penggunaan energi terbarukan juga menyumbangkan tingginya kandungan karbon dalam udara, meskipun Indonesia memiliki lautan luas yang berpotensi sebagai penghasil energi terbarukan.

Berangkat dari kedua permasalahan ini, timnya mencoba menyajikan Bintang Timur Ocean Park (BTOP), sebuah konsep pariwisata terintegrasi yang berbasis energi ombak dan angin.

Melalui YouthAlliance 5.0, tiga mahasiswa ini menjadikan BTOP sebagai ikon pariwisata berkelanjutan di Maluku, untuk mendukung Net Zero Emission.

“Selain itu juga untuk mewujudkan kemandiriaan energi berbasis angin dan ombak, menghadirkan lapangan kerja untuk perekonomian lebih baik dan pemerataan pembangunan di Indonesia Timur," ujar Dio.

Menurut Dio, BTOP merupakan wisata futuristik ramah lingkungan berbasis energi ombak dan angin. “Melalui ATLAN’s power converter, diharapkan dapat membantu mengurangi emisi karbon global serta menciptakan lokasi pariwisata berkelanjutan di Maluku,” imbuhnya.

REVEAL SRE UB ini adalah kompetisi terkait inovasi energi baru terbarukan yang dijuarai oleh #TemanUB dan juga study case competition yang dijuarai oleh Institut Teknologi Bandung.

Acara ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai dari bulan februari dan puncak acara pada 2 juni 2024 melalui acara expo, seminar, dan awarding juara kompetisi.

Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 200 lebih tim mulai dari babak penyisihan awal hingga terpilih 10 Grand Finalist dari beberapa universitas terbaik Indonesia seperti seperti UB, ITB, ITS, UGM, dan UNDIP. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES