Pendidikan

Jurusan Akuntansi, Dominasi Kelulusan Siswa SMKN 1 Jombang Masuk PTN 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 15:32 | 193.28k
Kerja sama jurusan Akuntansi dengan Politeknik YKPN Yogyakarta dalam rangka kunjungan Industri 2024. (FOTO: Dok Hafis for TIMES Indonesia)
Kerja sama jurusan Akuntansi dengan Politeknik YKPN Yogyakarta dalam rangka kunjungan Industri 2024. (FOTO: Dok Hafis for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Lulus Seleksi Nasional merupakan kebanggan tersendiri bagi setiap siswa-siswi yang bertekad melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi. Begitu pula dengan civitas SMKN 1 Jombang yang pada tahun ini berhasil meloloskan dan lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebanyak 52 siswa melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan siswa Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Tahun 2024.

Kepala SMK Negeri 1 Jombang, Siswo Rusianto mengatakan, bahwa sebelumnya berdasarkan pengumuman terdata sebanyak 11 siswa-siswi SMK Negeri 1 Jombang hasil Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) melalui jalur SNBP 2024 yang diumumkan pada 26 Maret 2024. 

“Sementara pada SNBT yang diumumkan pada hari Kamis (13/6/2024) terdata sebanyak 41 siswa-siswi berhasil lulus di berbagai universitas negeri yang ada di Indonesia,” kata Siswo kepada awak media, Sabtu (15/6/2024).

Dalam data kelulusan ini, siswa jurusan akuntansi berhasil menjadi jurusan terbanyak dari enam konsentrasi keahlian yang ada di SMKN 1 Jombang yang berhasil masuk PTN 2024.

Diketahui, konsentrasi keahlian di SMKN 1 Jombang terdiri dari akuntansi, manajemen perkantoran, desain komunikasi visual, bisnis digital, perhotelan, dan layanan Perbankan.

Menurut Hafis Muaddab selaku Ketua Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang mengatakan salah satu kunci utama dalam kesuksesan tersebut di antaranya kerja sama antar guru yang baik dan pemberian wawasan pendidikan tinggi melalui kegiatan guru tamu dan kunjungan industri ke beberapa perguruan tinggi.

Hafis-Muaddab-Ketua-Jurusan-Akuntansi-SMK-Negeri-1-Jombang.jpgHafis Muaddab Ketua Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang saat memberikan cenderamata kerja sama. (FOTO: Dok Hafis for TIMES Indonesia)

Contohnya seperti kampus ternama seperti Unesa, Unair, UPN, Politeknik YKPN Yogyakarta, Politeknik Negeri Semarang, hingga UGM Yogyakarta, pernah menjadi kunjungan SMKN 1 Jombang bersama siswa baik melalui kunjungan industri ataupun saat perlombaan akuntansi. 

“Kami jadikan semuanya menjadi motivasi mereka, dan syukurlah tahun ini ada siswa jurusan akuntansi Putri Febrianti yang lolos SNBP jurusan perpajakan Unair,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hafis menerangkan pada tahun 2024 ini ada 7 orang siswi jurusan akuntansi dari keluarga kurang mampu yang lolos Program Karantina Intensif Akademik Rukun Raharja yang diselenggarakan secara nasional di 8 kota se-Indonesia.

Dalam program ini siswa akan diberikan pembinaan intensif untuk masuk kampus impian. Program persiapan SNBT dikoordinir oleh Tim Edukasi Alumni UI yang disponsori oleh PT Rukun Raharja bekerja sama dengan PMII Komisariat Sepuluh Nopember Surabaya. 

Sejak periode 2022 sampai dengan 2024 sudah ada 4 kali kunjungan industri dan 4 kali kegiatan guru tamu yang telah menghadirkan narasumber dari PYFM X PWO FILMS Sang maestro cinematopgraphy "Oom Ben-Benny Kadar Harianto", Tim Akademik Universitas Indonesia, KPP Pratama Jombang, Bea Cukai Kediri, Panda Corp Indonesia, Indosat. 

“Melalui semua kegiatan ini, mampu mendorong siswa-siswi SMKN 1 Jombang jurusan akuntansi mampu percaya diri dan kompeten serta banyak yang berhasil menjadi juara lomba akuntansi/perpajakan dan bisnis di tingkat regional hingga nasional,” tambah pria yang sekarang sedang melanjutkan studi program doktoral di Universitas Negeri Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES