Pendidikan

Hanya Ada 2 Kampus Swasta di Malang yang Terakreditasi Unggul BAN-PT

Senin, 17 Juni 2024 - 19:58 | 18.77k
Salah satu kampus swasta di Kota Malang yang telah terakreditasi unggul dari BAN-PT, Universitas Negeri Malang (Unisma). (Foto: Dok TIMES Indonesia)
Salah satu kampus swasta di Kota Malang yang telah terakreditasi unggul dari BAN-PT, Universitas Negeri Malang (Unisma). (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kualitas sebuah perguruan tinggi (PT) bisa dilihat dari akreditasi yang mereka miliki. Hal ini menjadi patokan yang jelas. Karena untuk bisa dapat akreditasi yang unggul, ada banyak persyaratan dan parameter yang harus dipenuhi oleh PT, hingga akhirnya bisa mendapatkan pengakuan formal dari sebuah lembaga atau badan akreditasi.

Di Indonesia, lembaga akreditasi resmi dan bergengsi yang berada di naungan Kemendikbudristek yakni Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tak ayal jika saat ini ribuan kampus di Indonesia terus berlomba-lomba memperbaiki kualitas institusi mereka, agar bisa mendapatkan akreditasi unggul, atau peringkat akreditasi tertinggi dari BAN-PT.

Di Kota Malang, diketahui ada sebanyak 57 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dari banyaknya kampus tersebut, ternyata baru 2 PTS yang berhasil mendapatkan akreditasi Unggul dari  BAN-PT. Kedua kampus tersebut yakni:

1. Universitas Islam Malang (Unisma)

Pada tahun 2014 silam, akreditasi institusi Unisma masih menempati peringkat C atau baik. Namun dalam 1 dekade terakhir, Unisma terus melakukan loncatan demi loncatan. Kampus NU ini terus berbenah diri hingga menjadi besar seperti saat ini.

Rektor Unisma Prof Dr Maskuri, MSi, dalam kesempatan lain mengakui bahwa capaian kelembagaan untuk Akreditasi, pada Desember 2014 akreditasi Institusi Unisma masih berada di peringkat C.

"Dimana pada saat itu 60 persen program studi  terakreditasi B, 40 persen lainnya terakreditasi C," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, Prof Maskuri yang sebagai rektor bersama yayasan dan pimpinan di lingkungan Unisma terus berjuang untuk menyuguhkan pendidikan yang unggul. Akhirnya, pada tahun 2018, akreditasi Unisma bisa naik kelas menjadi B.

"Pada 2022 kami telah menghantarkan institusi Unisma akreditasi peringkat Unggul. Dan saat ini terdapat 13 program studi yang sudah meraih peringkat akreditasi Unggul dan A, 7 program studi terakreditasi internasional ASIIN dan FIBAA Jerman, selebihnya baik sekali," tuturnya.

Tak heran jika saat ini Unisma menjadi kampus Islam yang dipertimbangkan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM memang menjadi kampus swasta yang bisa dibilang peminatnya paling tinggi. Tak hanya di Malang, tetapi juga tingkat Jawa Timur atau bahkan nasional. Diketahui, UMM telah berhasil menyabet Akreditasi Unggul BAN-PT Sejak 2013. Pada tahun 2021 UMM kembali meraih akreditasi terbaik dengan predikat Unggul.

Dari data yang dihimpun, Kampus Putih terakreditasi Unggung itu memiliki mahasiswa sekitar 40 ribu orang, yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia, dan juga luar negeri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES