Pendidikan

PPG Prajabatan IPS UNESA Sukses Latih Siswa Manfaatkan Limbah Minyak Menjadi Lilin Aromaterapi 

Selasa, 25 Juni 2024 - 15:12 | 37.55k
Pelatihan pembuatan lilin aromaterapi dari limbah minyak jelantah oleh PPG Prajabatan IPS UNESA di SMPN 61 Surabaya. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Pelatihan pembuatan lilin aromaterapi dari limbah minyak jelantah oleh PPG Prajabatan IPS UNESA di SMPN 61 Surabaya. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan IPS Gelombang 2 Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sukses menggelar acara Projek Kepemimpinan (PK). Agenda yang digelar pada 19 - 21 Juni 2024 ini sukses dengan berbagai program-program meliputi sosialisasi, pelatihan, dan monitoring.

Agenda ini bertemakan Pemanfaatan Limbah Minyak Melalui Pembuatan Lilin Aromaterapi pun berhasil digelar di SMP Negeri 61 Surabaya. Untuk informasi, acara ini dilaksanakan sebagai salah satu tugas wajib mahasiswa PPG Prajabatan di semester dua sebelum menyelesaikan pendidikan profesinya nanti. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa PPG Prajabatan dan siswa SMP Negeri 61 Surabaya terutama yang tergabung dalam tim adiwiyata dalam mengelola limbah rumah tangga yang ada di lingkungan sekitar.

PPG-Prajabatan-IPS-UNESA-2.jpgProjek Kepemimpinan (PK) PPG Prajabatan IPS UNESA dengan Dosen Pembimbing, Ali Imron, S.Sos., M.A., (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas mewakili Kepala Sekolah SMP Negeri 61 Surabaya, Nelvi mengatakan, menyambut baik kegiatan PK PPG Prajabatan IPS UNESA.

“Kegiatan Projek Kepimpinan (PK) PPG Prajabatan IPS Gel, 2 2023 UNESA yang merupakan kegiatan pengabdian masyarakat tentu saja merupakan kegiatan yang positif bagi sekolah serta juga peserta didik mengenai Pemanfaatan Limbah Minyak yang dapat didaur ulang sehingga tidak berdampak negative bagi lingkungan,” katanya dalam keterangan tertulis kepada TIMES Indonesia, Selasa (25/6/2024).

“Besar harapan setelah kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja namun, dapat terus untuk dilanjutkan dan diimplementasikan oleh Tim Adiwiyata SMP Negeri 61 Surabaya nanti,” sambungnya.

Agenda ini pun juga mendapat tanggapan baik dari Guru Pamong IPS SMPN 61 Surabaya.

Selanjutnya, terdapat tanggapan positif yang disampaikan oleh Guru Pamong PPG Prajabatan IPS di SMP Negeri 61 Surabaya, tempat acara ini digelar.

“Kami pihak sekolah sangat berterima kasih kepada mahasiswa PPG Praabatan Gel. 2 2023 telah menggelar acara projek kepemimpinan ini di SMP Negeri 61 Surabaya, karena kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan baru pada siswa-siswa di SMP Negeri 61 Surabaya, terutama pada siswa yang tergabung pada tim adiwiyata, khususnya yang ada dalam pokja bank asa,” jelas Guru Pamong IPS SMPN 61 Surabaya, Indri.

Indri menambahkan, mengingat sebelumnya, tim adiwiyata yang tergabung dalam pokja bank asa telah melakukan kegiatan rutin mengumpulkan minyak jelantah setiap seminggu sekali yang dinamakan kegiatan sedekah sampah setiap hari Jumat. Namun belum diimplementasikan dengan baik untuk pemanfaatan limbahnya. Mendapatkan PK PPG Prajabatan IPS ini, pihaknya merasa terbantu untuk pemanfaatan limbah minyak jelantah ini.

“Kami merasa mendapat pengetahuan baru bagi siswa-siswa yang tergabung pada pokja bank asa dalam memanfaatkan minyak jelantah menjadi produk yang bernilai tinggi sehingga dapat mengasah jiwa kewirausahaan yang ada pada diri siswa,” jelas Indri.

Agenda ini pun mengundang organisasi profesional, Tunas Hijau Indonesia. Sebuah organisasi lingkungan hidup yang selalu berinovasi melalui program-program nyata untuk menciptakan bumi yang lebih baik.

Pengelola Tunas Hijau Indonesia, TH. Bram Azzaino mengatakan bahwa, pihaknya mengapresiasi PK PPG Prajabatan IPS UNESA ini. Agenda pemanfaatan limbah ini dirasa sangat bermanfaat baik secara lingkungan dan ekonomi.

“Acara yang sangat bermanfaat, yaitu mengelola limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi, dan kami berharap kegiatan ini akan bersifat berkelanjutan pada sekolah yang akan memberikan banyak manfaat dan menjadi nilai wirausaha yang baik bagi siswa,” katanya.

“Saya merasa senang dan bangga mahasiswa PPG Prajabatan ingin menggelar acara pengelolaan limbah ini, diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengurangi limbah yang ada di lingkungan sekitar, dan juga produk yang dihasilkan memiliki nilai usaha tinggi,” pungkas TH Bram Azzaino.

Tambahan informasi, sebelum agenda ini digelar, mahasiswa PPG Prajabatan yang terdiri dari sembilan anggota kelompok, yaitu mahasiswa kelompok SMP Negeri 61 Surabaya terdiri dari 5 orang. Sedangkan mahasiswa dari anggota kelompok SMP Negeri 20 Surabaya yang terdiri dari 4 orang. Telah mengajukan proposal atau tema yang telah disetujui oleh dosen pembimbing mata kuliah Projek Kepemimpinan, yaitu Bapak Ali Imron, S.Sos.,M.A. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES