Pendidikan

UB Berangkatkan 5 Tim Ikuti Kompetisi Robot Indonesia

Kamis, 27 Juni 2024 - 14:05 | 12.62k
Pelepasan tim UB untuk ikut dalam Kompetisi Robot Indonesia 2024, di Auditorium Prof. Ir. Suryono FT UB. (Istimewa)
Pelepasan tim UB untuk ikut dalam Kompetisi Robot Indonesia 2024, di Auditorium Prof. Ir. Suryono FT UB. (Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGUniversitas Brawijaya (UB) secara resmi melepas kontingennya untuk bertanding dalam ajang Kompetisi Robot Indonesia (KRI) 2024, Kamis (27/6/2024). Tahun ini, ada lima tim dari UB yang lolos pada KRI 2024. Empat tim dari Fakultas Teknik (FT) dan satu tim dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) yang tergabung dalam beberapa divisi, yaitu Robot Sepak Bola Humanoid, Robot Speak Bola Beroda, Robot Tari, ABU Robocon dan Robot Tematik.

KRI sendiri merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. KRI bertujuan untuk mendorong inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam bidang robotika dan otomasi. Tahun ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi tuan rumah bagi kompetisi yang akan berlangsung dari 1 hingga 6 Juli 2024.

Pelepasan delegasi UB ini berlangsung di Auditorium Prof. Ir. Suryono FT UB dan dihadiri oleh Wakil Dekan III FT UB dan FILKOM UB, dosen pembimbing, serta para mahasiswa. Dalam sambutannya, Wakil Dekan III FT UB, Dr.Eng. Ir. Herry Santosa, S.T., M.T., IPM., mengatakan, di masa lalu, delegasi UB selalu berjaya dalam KRI. Namun seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi, persaingan menjadi lebih ketat. Untuk itu dia banyak memberikan motivasi dan semangat kepada tim yang akan bertanding.

“Kami sangat bangga dan mendukung penuh perjuangan kalian. Kompetisi ini bukan hanya ajang untuk meraih prestasi, tetapi juga kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari. Tunjukkan yang terbaik dan bawa nama baik almamater,” ujar Herry.

Setiap divisi telah mempersiapkan robot mereka dengan matang melalui serangkaian penelitian dan pengembangan yang intensif. Mereka juga telah melewati berbagai tahapan dan latihan untuk memastikan performa terbaik dalam kompetisi yang diikuti nanti.

Ditempat yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa FILKOM UB, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom menyampaikan bahwa pada saat mengikuti setiap kompetisi harapannya adalah untuk memjadi juara. UB sangat serius untuk mendukung berbagai aktivitas mahasiswa pada saat mengikuti berbagai kompetisi. Filkom dan FT UB sangat mendukung untuk kesuksesan pada KRI tahun ini.

“Kita telah berlatih keras dan melakukan berbagai persiapan. Semoga segala yang telah kita siapakan selama ini dapat mebawa hasil yang baik di ajang tahun ini,” terang Arif Rahman.

Salah satu dosen pembimbing, Eka Maulana, ST, MT., M.Eng menambahkan bahwa kompetisi ini juga menjadi ajang untuk mengembangkan pengalaman bertanding para mahasiswa.

“Selain keterampilan teknis, kompetisi ini juga mengasah kemampuan kerjasama tim dan mengatasi tantangan yang dihadapi. Kami berharap pengalaman ini akan sangat berharga bagi mahasiswa di masa depan,” ujar Eka.

Dengan semangat dan persiapan yang matang, diharapkan Tim KRI UB dapat meraih hasil yang gemilang dan mengharumkan nama Universitas Brawijaya di tingkat nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES