Pendidikan

Najwa Nur Awalia, dari Bogor ke Panggung Global Melalui GYIS dan TF-NUS LEaRN

Jumat, 05 Juli 2024 - 21:53 | 25.87k
Najwa Nur Awalia saat mengikuti program TF-NUS LEaRN 2024 yang dilaksanakan oleh Lee Kuan Yew School of Public Policy di National University of Singapore (NUS) (Foto: Dok Pribadi)
Najwa Nur Awalia saat mengikuti program TF-NUS LEaRN 2024 yang dilaksanakan oleh Lee Kuan Yew School of Public Policy di National University of Singapore (NUS) (Foto: Dok Pribadi)

TIMESINDONESIA, JAKARTANajwa Nur Awalia atau yang akrab dipanggil Nana, mahasiswi Geografi Lingkungan Universitas Gadjah Mada angkatan 2020 telah menjelma menjadi salah satu suara muda paling berpengaruh dari Bogor, Jawa Barat.

Melalui berbagai program internasional yang diikutinya, salah satu peserta Class of Champions ini telah membuktikan bahwa impian besar dapat tercapai dengan dedikasi dan kerja keras.

Perjalanan inspiratif Nana dimulai dengan keikutsertaannya dalam Global Youth Innovation Summit (GYIS) 2024. Program ini tidak hanya memperkaya wawasan akademisnya, tetapi juga memberikan pengalaman yang tak ternilai dalam melatih kemampuan berargumentasi dan berpikir kritis dalam bahasa Inggris. Melalui konferensi dan kompetisi SDGs Project, Nana belajar menganalisis dan memecahkan masalah secara efektif.

"GYIS mendorong saya untuk berpikir terbuka terhadap berbagai permasalahan sebagai global citizen dan lebih memaknai SDGs serta implementasinya," kata Nana.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi dan pemahaman interkultural yang diperolehnya selama program ini, yang menjadi bekal berharga dalam perjalanan akademiknya.

Setelah sukses dengan GYIS, Nana mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program TF-NUS LEaRN 2024 yang dilaksanakan oleh Lee Kuan Yew School of Public Policy di National University of Singapore (NUS). Program ini bertujuan untuk membangun pemimpin di ASEAN melalui pemahaman global dan apresiasi terhadap berbagai budaya serta potensi lokal.

Selama tiga minggu, dari 30 Juni hingga 20 Juli 2024, Nana bersama peserta lainnya mendalami tema Leadership in ASEAN and Sustainability. Program ini mencakup pembelajaran di kelas, workshop, diskusi kelompok terfokus, field trip, dan presentasi akhir.

"Kegiatan ini memberikan perspektif baru tentang kepemimpinan dan keberlanjutan yang sangat relevan dengan studi saya di bidang geografi lingkungan," ujar Nana.

Dalam setiap langkahnya, Nana tak pernah lupa untuk menginspirasi orang lain. Ia berbagi pesan penuh semangat bagi generasi muda:

"Bermimpilah sesuka hati dan berusahalah tanpa henti. Jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan pernah letih untuk terus berjuang meskipun harus gagal berkali-kali, karena kita tidak akan pernah tahu akan berhasil pada percobaan keberapa, so just keep going!"

Najwa Nur Awalia adalah bukti nyata bahwa mimpi besar dapat diwujudkan dengan keberanian dan kerja keras. Dari Bogor ke panggung internasional, perjalanannya mengajarkan kita bahwa batasan hanya ada dalam pikiran, dan dengan tekad yang kuat, segala sesuatu mungkin terjadi. Melalui GYIS dan TF-NUS LEaRN, Nana tidak hanya memperkaya dirinya sendiri, tetapi juga membawa perubahan positif bagi komunitas global.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES