Pendidikan

Unit Layanan Terpadu Berbasis Media Sosial, Inovasi Digital Berintegritas di FIS Universitas Negeri Malang

Senin, 11 November 2024 - 12:36 | 38.35k
Ragam layanan yang disedikan Unit Layanan Terpadu berbasis digital di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. (FOTO: dok FIS UM)
Ragam layanan yang disedikan Unit Layanan Terpadu berbasis digital di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. (FOTO: dok FIS UM)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), Universitas Negeri Malang (UM) berkomitmen menghadirkan layanan publik yang unggul dan modern melalui pendekatan digital di berbagai aspek operasional kampus.

Upaya ini sejalan dengan visi pemerintah menuju Good University Governance, yang mendorong pelayanan yang efisien, transparan, dan mudah diakses oleh seluruh kalangan masyarakat.

Advertisement

Poster-Call-Center-Unit-Layanan-Terpadu.jpgPoster Call Center Unit Layanan Terpadu yang ada di kampus Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, memudahkan mahasiswa, dosen atau pengunjung untuk mengetahui nomer kontak mengenai layanan di kampus. (FOTO: dok FIS UM)

Salah satu inovasi unggulan UM untuk meningkatkan pelayanan publik adalah pembentukan Unit Layanan Terpadu berbasis digital di Fakultas Ilmu Sosial. Unit ini dirancang untuk menyederhanakan alur layanan kampus, sehingga mahasiswa, dosen, staf, hingga masyarakat umum dapat mengakses berbagai layanan informasi dan administrasi hanya melalui satu platform digital. Inovasi ini menjawab kebutuhan akan layanan publik yang responsif di tengah masyarakat digital dan luasnya jangkauan pelayanan yang dibutuhkan UM.

Dalam pengembangan unit layanan ini, tim peneliti Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UM memegang peran sentral, khususnya dalam merancang model komunikasi pelayanan publik berbasis digital yang efektif. Tim ini menekankan pentingnya komunikasi yang terstruktur dalam sistem layanan, di mana informasi disampaikan dengan jelas dan cepat melalui platform digital.

PosterUnit-Layanan-Terpadu.jpgPoster Unit Layanan Terpadu yang berisi qris layanan terkait layanan pelaporan tindakan kekerasaan seksual di kampus Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. (FOTO:FIS UM)

Selain itu, pendekatan user-friendly dan interaktif diterapkan untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan tanpa harus datang ke kampus, sehingga menghemat waktu dan biaya, terutama bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah.

Langkah ini diharapkan dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya dalam mengadopsi teknologi untuk pelayanan publik, mendukung FIS UM dalam membangun Zona Integritas, dan meneguhkan komitmen UM sebagai kampus yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Dengan adanya Unit Layanan Terpadu ini, FIS UM menunjukkan bahwa inovasi digital dalam pelayanan publik tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memperkuat kepercayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Pentingnya Optimasi Layanan Digital di Perguruan Tinggi
Di era transformasi digital yang kian pesat, Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika menyoroti urgensi penerapan layanan digital di berbagai sektor pelayanan publik sebagai salah satu langkah menuju visi "Indonesia Emas 2045".

Dalam sektor pendidikan, adopsi teknologi digital tidak hanya mempermudah akses informasi bagi seluruh civitas akademika, tetapi juga memperkuat reputasi institusi pendidikan secara keseluruhan. Sebaliknya, kualitas layanan publik yang kurang optimal berpotensi menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga pemerintah maupun pendidikan.

Pakar pelayanan publik, Hardiansyah, menegaskan bahwa komunikasi berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Efektivitas komunikasi dalam sistem layanan digital melibatkan unsur komunikator, kualitas pesan, dan media yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang jelas dan tepat sasaran. Dengan komunikasi yang baik, informasi layanan dapat tersampaikan secara efektif kepada masyarakat luas.

Layanan digital tak hanya mempercepat akses mahasiswa terhadap berbagai kebutuhan akademik dan non-akademik, tetapi juga menghemat waktu mereka tanpa harus datang langsung ke kampus, sebuah solusi praktis terutama bagi mahasiswa yang berada di luar daerah.

Selain mempermudah, layanan ini sejalan dengan semangat keterbukaan informasi publik dan komitmen membangun Zona Integritas, seperti yang diterapkan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, dalam mewujudkan pelayanan yang responsif, transparan, dan akuntabel bagi seluruh lapisan masyarakat.

Model ULT 

Model pelayanan publik digital menjadi langkah strategis bagi institusi pendidikan sebagai perwujudan aktif dalam membangun dan memperkuat branding institusi. Selain merepresentasikan komitmen, model pelayanan publik digital juga memudahkan publik dan seluruh akademika dalam mendapatkan pelayanan yang berkualitas. 

Salah satu inovasi yang sedang dikembangkan Tim Peneliti Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang adalah mengembangkan model Unit Layanan Terpadu (ULT) yang menhubungkan berbagai layanan dalam satu platform digital terintegrasi. Sistem ini dirancang untuk memudahkan akses layanan informasi bagi seluruh civitas akademika dan publik dengan berbagai fungsi, seperti layanan administrasi akademik, serta pembayaran digital.

Semua fitur ini dapat diakses melalui satu portal yang mudah digunakan dengan menerapkan transparansi dalam proses pelayanan, sehingga memudahkan pengguna untuk menyelesaikan berbagai urusan secara lebih efektif dan efisien.

Penelitian Model ULT ini didukung oleh hibah penelitian internal dari Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang melalui skema Desentralisasi tahun 2024. Dengan adanya Model ULT ini, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan kampus serta membangun citra sebagai institusi pendidikan yang inovatif dan tanggap terhadap perkembangan teknologi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES