Peristiwa Daerah Bondowoso Istana Organik

Dua Jenis Jamur Ini yang Digemari Pasar

Senin, 23 Januari 2017 - 21:07 | 219.23k
Kepala Dinas Pertanian H. Munandar melihat budidaya jamur tiram (Foto: Angga/ TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pertanian H. Munandar melihat budidaya jamur tiram (Foto: Angga/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Istana Organik

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Petani jamur tiram suka makmur 5, membudidayakan 2 jenis jamur yang mampu mencukupi pasar lokal dan pasar di luar daerah Bondowoso.

Jamur tiram yang dikembangkan di Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumber Wringin ini, ada dua jenis yaitu jamur varietas Osteren dan jamur varietas Florida. Dua jenis ini yang sering diminati oleh pedagang di pasar. 

BACA JUGA: Jamur Tiram Bondowoso Laris Manis di Pasar Situbondo

"Kalau pasar Situbondo lebih senang Osteren dan Bondowoso lebih suka jenis jamur Florida, semua sesuai pedagang jadi menyesuaikan pasar," ujar Sugeng Programer BPP Sumber Wringin, Senin (23/1/2017).

Sugeng menjelaskan Jamur Osteren ini memiliki ciri-ciri, warnanya tidak terlalu putih, lebih tebal dan keset serta tahan sampai 2-3 hari. Kalau jamur Florida warnanya putih, tipis dan agak basah tahan hanya 1 hari saja.

"Ya tergantung pedagangnya, kalau pedagang Situbondo itu sukanya yang 2-3 hari baru habis. Dan kalau pedagang Situbondo sukanya 1 hari habis," imbuhnya.

Proses pembibitan masih dilakukan di Kota Bondowoso, karena harus dalam keadaan steril dan butuh teknologi untuk mengembangkannya. Dan untuk di rumah produksi ini hanya membudidayakan.

Rumah produksi jamur tiram suka makmur 5, masuk dalam daftar kunjungan Kelapa Dinas Pertanian H. Munandar bersama Staff dan Camat Sumber Wringin Supardi serta perangkat desa lainnya, selepas mengunjungi petani buah naga di Desa Sumber Wringin, Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso, hari ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES