Peristiwa Daerah

Efek Siklon Tropis Lili, Gelombang 4 Meter Bisa Terjadi di Selat Bali

Sabtu, 11 Mei 2019 - 14:08 | 41.82k
ILUSTRASI - Siklon Tropis. (FOTO: Istimewa)
ILUSTRASI - Siklon Tropis. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BALI – Para pelaku wisata bahari, nelayan atau juga kapal penumpang, dihimbau mewaspadai tinggi gelombang perairan di Selat Bali, Badung, Lombok dan Samudra Hindia. Di perairan itu tinggi gelombangnya bisa mencapai 4 meter.

"Untuk gelombang sesuai dengan warning yang diberikan pada hari ini masih berpeluang mengakibatkan gelombang tinggi bisa sekitar 4  meter,  khususnya di perairan selat Bali," kata 
Putu Agus Adi Permana sebagai Forecaster atau Prakirawan Cuaca BBMKG Wilayah Denpasar, saat dikonfirmasi via telepon, Sabtu (11/5/2019) sore.

Permana juga menjelaskan, bahwa gelombang tinggi dan angin yang kencang diakibatkan fenomena Eks Siklon Tropis Lili yang sudah terjadi sejak tanggal 9 Mei 2019 yang lalu.

"Untuk Siklon Tropis Lili , dimulai sekitar tanggal 9 Mei dan kemudian sudah berhenti atau bisa dinamakan dengan Eks Tropis Lili dari kemarin malam. Namun, kendati sudah berhenti masih ada fenomena Eks Siklon tropis Lili yang tenyata masih memiliki dampak pada fenomena angin dan gelombang," jelasnya.

Permana juga menjelaskan, dari pantauan atau analisa model gelombang masih terlihat untuk tinggi gelombang berkisar antara 0,25 hingga 1,5 meter untuk di wilayah Utara Bali. Sedangkan, untuk Selatan Bali berkisar 1 sampai 4 meter. 

"Mengenai dari fenomena Siklon Tropis Lili, jika dari pengamatan terakhir sebenarnya sudah menghilang. Namun untuk dampaknya masih terasa dimana saat ini angin masih terasa cukup kencang bisa sampai 20 dan 30 Knot atau 37 kilo meter Perjam, khususnya di wilayah Selatan Bali," ujarnya.

"Untuk dampaknya angin kencang dan gelombang laut tinggi. Namun, sejak  besok untuk kecepatan angin dan tinggi gelombang, sudah semakin menurun dengan berjalannya waktu," ujar Permana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES