Peristiwa Daerah

KPU Banyuwangi Beri Penghargaan kepada Pahlawan Pemilu 2019

Senin, 02 Desember 2019 - 17:31 | 48.89k
Pemberian penghargaan kepada penyelenggara pemilu 2019 tingkat Kecamatan dan Desa oleh KPU Banyuwangi. (Foto: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
Pemberian penghargaan kepada penyelenggara pemilu 2019 tingkat Kecamatan dan Desa oleh KPU Banyuwangi. (Foto: Agung Sedana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi (KPU Banyuwangi) memberikan penghargaan terhadap penyelenggara pemilu atau lembaga ad hoc. Reward tersebut pantas diberikan kepada setiap insan yang layak digelari sebagai pahlawan Pemilu 2019, atas kerja kerasnya telah menyukseskan pagelaran pemilu serentak pada 17 April 2019 lalu.

Mengingat dalam pesta demokrasi lalu, sejumlah petugas penyelenggara pemilu telah gugur dalam melaksanakan tugasnya. Di antaranya Ketua KPPS di TPS 28, Nanang Subiyanto (55) warga Kelurahan Tukangkayu dan Miseni, anggota Linmas TPS 06 Desa Sidodadi Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, meninggal saat bertugas.

"Terima kasih kepada seluruh lembaga ad hoc atas sukses terselenggaranya Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 kemarin," kata Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraeni, Senin (2/12/3019).

Menurut Dwi, pemilu kemarin tercatat sebagai pemilu yang paling berat dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya, mengingat untuk pertama kalinya Pemilihan Legislatif (Pileg) dilaksanakan secara bersamaan dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres).

“Untuk pemilu kemarin, memang ada apresiasi dari KPU RI untuk seluruh lembaga Ad Hoc mulai dari PPK, PPS, dan KPPS," katanya.

Sertifikat penghargaan ini, kata Anggraini, nantinya dapat dimanfaatkan ketika mereka kembali mendaftar sebagai anggota lembaga ad hoc KPU untuk Pemilihan Bupati (Bupati) Tahun 2020. Dimana, bagi mereka yang telah memiliki (sertifikat) akan mendapatkan poin plus tersendiri. Dalam artian, hal tersebut sebagai pertimbangan bagi KPU, karena mereka sudah memiliki tanda pengalaman dalam proses penyelenggaraan pemilihan.

Sesuai dengan tahapan Pilbup Tahun 2020, rekrutmen lembaga Ad Hoc akan dimulai pada Bulan Januari 2020 mendatang. Dengan rincian, rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari sampai 14 Februari 2020. Sementara untuk rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari sampai 14 Maret 2020.

“Untuk pembentukan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) sendiri baru akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni sampai 21 Agustus 2020,” kata Dwi Anggraeni, Ketua KPU Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES