Peristiwa Daerah

Ratusan Warga Jember Keracunan Ikan Tongkol Saat Acara Bakar Ikan di Malam Tahun Baru

Rabu, 01 Januari 2020 - 13:55 | 151.42k
Petugas Puskesmas di Arjasa mengambil sampel makanan yang diduga menyebabkan keracunan. (FOTO: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)
Petugas Puskesmas di Arjasa mengambil sampel makanan yang diduga menyebabkan keracunan. (FOTO: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Ratusan warga di Jember, Jawa Timur dilaporkan mengalami keracunan saat mengkonsumsi ikan bakar jenis tongkol dalam acara bakar ikan di malam pergantian tahun, Selasa (31/12/2019) malam. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember, korban keracunan ikan tongkol ini mencapai 119 orang.

Korban keracunan tersebut tersebar di 21 kecamatan di Jember. Korban terbanyak ada di Kecamatan Ajung dengan total korban sebanyak 23 orang. Kemudian Ambulu 16 orang dan 15 orang.

menyebabkan-keracunan-2.jpg

Seluruh korban keracunan tersebut saat ini dalam penangan Puskesmas di masing-masing kecamatan. Namun, dilaporkan pula sebagian besar korban telah pulang ke rumah masing-masing.

Kepala Dinkes Kabupaten Jember Dyah Kusworini dalam pesan tertulis, Rabu (1/1/2020) mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya penanganan

menyebabkan-keracunan-3.jpg

Yakni penanganan kasus dengan pengobatan sampai sembuh dan penyelidikan epidemiologi untuk mencari dugaan penyebab keracunan

"Kami juga akan mengamankan sisa makanan yang diduga menyebabkan keracunan," kata Dyah.

Hingga berita ini ditulis, penyebab keracunan yang diduga berasal dari ikan tongkol ini masih tengah didalami pihak Dinkes Kabupaten Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES