Cara Kosmetik Legendaris Indonesia 'Viva Cosmetics' Bertahan di Pasar Global

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Viva Cosmetics merupakan produk kosmetik tertua di Indonesia. Selama hampir lebih dari setengah abad, produk kecantikan ini mampu bersaing di tengah banjirnya tren kosmetik luar negeri.
Butuh strategi agar Viva tetap merebut pasar. Baik dari kalangan ibu muda maupun milenial. Yusuf Wiharto, Direktur PT Moga Djaya Viva mengatakan jika Viva Cosmetics terus melakukan tranformasi tanpa meninggalkan produk-produk legendaris mereka.
Advertisement
"Belajar beradaptasi dan mampu menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada itu sangat penting. Saya menempatkan diri sebagai pelayan bagi banyak orang," katanya saat menjadi pemateri dalam acara Komunitas Surabaya Frienship Club (SFC) di Hotel Swis-Bell Manyar, Sabtu (1/2/2020).
Sebagai langkah awal, PT Vitapharm melakukan regenerasi di jajaran direksi dan rejuvenasi branding pada tahun 2006 silam. Transformasi dan produksi mulai dari peremajaan mesin hingga pemasaran.
"Saya harus bisa beradaptasi begitu juga dengan Viva yang pernah dicap sebagai kosmetik ibu-ibu," ujarnya.
Yusuf Wiharto melakukan penetrasi pasar baik secara komersial maupun non komersial seperti branding produk di event fashion show skala internasional di Paris. Viva juga mengantongi sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik).
Meskipun terus mengembangkan produk terbaru dengan tetap melibatkan pakar kosmetik, salah satu produk legendaris tetap diproduksi. Salah satunya adalah bedak kantong. Yusuf menjelaskan jika dalam satu hari mampu memproduksi 7 ton bedak kantong dengan harga pasar Rp 700 per kantong.
Yusuf sendiri merupakan generasi ketiga Owner Viva Cosmetics yang didirikan sejak 1962. Perusahaan farmasi ini awalnya bernama PT General Indonesian Producing Centre. Kemudian, tahun 1964 berganti nama menjadi PT Paberik Pharmasi Vita. Selanjutnya mulai 1998 menggunakan nama PT Vitapharm hingga sekarang.
Pesatnya permintaan mendorong perusahaan meluaskan pabrik dengan melengkapi sarana laboratorium, mesin modern dan teknologi tinggi. Viva mengembangkan berbagai rangkaian produk Viva Cosmetics. Dari bahan kekayaan alam, kini Viva menjadi salah satu kosmetik terkemuka di Indonesia. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Faizal R Arief |
Publisher | : Sofyan Saqi Futaki |
Sumber | : TIMES Surabaya |