Peristiwa Daerah

Komunitas Pesona Onthel Rosho, Lantunkan Shalawat Nabi dengan Bersepeda

Senin, 13 Juli 2020 - 20:28 | 50.12k
Komunitas Pesona Onthel Roso saat bersepeda sambil melantunkan shalawat nabi. (Foto: Hosen Asy'ari for TIMES Indonesia)
Komunitas Pesona Onthel Roso saat bersepeda sambil melantunkan shalawat nabi. (Foto: Hosen Asy'ari for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Di antara sekian banyak komunitas bersepeda yang menjamur, Komunitas Pesona Onthel Rosho di Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jatim, punya nilai lebih. Komunitas dengan sepeda kuno ini, bersepeda sambil syiar shalawat nabi.

"Sepanjang perjalanan ngonthel (bersepeda, Red) kami imbau untuk bershalawat," kata Pendiri dan Ketua Komunitas Pesona Onthel Rosho, Hosen Asy'ari kepada TIMES Indonesia.

Komunitas ini muncul 1,5 tahun terakhir. Ia lahir dari ikhtiar menjaga kesehatan dengan bersepeda menaiki sepeda kuno. Semula diikuti lima sampai tujuh orang saja. Tapi lambat laun, yang ikut terus bertambah.

Sekali ngonthel bareng yang biasanya dilakukan setiap hari Minggu, yang ikut berkisar antara 50 sampai 75 orang dari segala usia. Tua, muda, bahkan juga anak-anak turut serta sambil melantunkan shalawat nabi.

Tak hanya bersepeda sambil shalawatan, komunitas ini juga bersaturrahim ke sana ke mari. Berkunjung ke rumah teman atau sejawat, lalu makan atau jajan bersama, kemudian shalawatan serta ngaji bersama.

Seiring berjalannya waktu, Komunitas Pesona Onthel Rosho tak hanya bersepeda. Ia juga menjadi semacam majelis shalawat dan pengajian. Di undang ke sana ke mari untuk shalawatan.

Rute bersepeda sering kali bergantung pada undangan. "Rutenya tidak mesti. Berubah-ubah, tergantung yang ngundang," kata pria yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Anwar ini.

Kadang rute bersepedanya ke Kecamatan Paiton, Kotaanyar, sampai Kecamatan Pakuniran. Kadang, rutenya keliling Kecamatan Besuk.

"Kemarin kami diundang Mas Lukman (Lukmam Hakim, Red), Wakil Ketua DPRD untuk shlawatan di Pajarakan," kata Hosen Asy'ari.

Untuk menarik minat pemuda dalam bersepeda onthel, komunitas ini membuat event yang melibatkan komunitas sepeda se-Tapal Kuda. Event ini digelar dua kali dalam setahun. Awal bulan maulid nabi, dan menjelang harlah Pondok Pesantren Zainul Anwar.

Berapa banyak yang ikut? "Berkisar antara 400 sampai 500 peserta," kata Hosen Asy'ari, tentang event bersepeda oleh Komunitas Pesona Onthel Rosho. Sepanjang perjalanan, peserta event juga melantunkan shalawat nabi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES