BPJS Kesehatan Waingapu Optimalkan Pelayanan Tatap Muka dengan PANDAWA

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Dalam situasi pandemi Covid-19 BPJS Kesehatan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT mengeluarkan surat pemberitahuan kepada peserta JKN-KIS untuk mengoptimalkan pelayanan tatap dengan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsAp (PANDAWA).
"Kita keluarkan pemberitahuan kepada peserta JKN-KIS berupa pelayanan administrasi melalui WhatsApp atau PANDAWA karena ini merupakan layanan dengan teknologi komunikasi melalui WhatsApp (WA), ini digunakan untuk mengurangi layanan tatap muka dan menekan jumlah kunjungan di Kantor," kata Kepala BPJS Kesehatan Waingapu Tri Mayudin, Rabu (30/9/2020).
Advertisement
Menurutnya, dengan PANDAWA peserta tidak perlu datang di Kantor cukup dengan tatap muka atau Chat di WA agar mendapat layanan kepesertaan yang dibutuhkan peserta. Ini salah satu komitmen kami mendukung pemerintah dalam mengurangi penyabaran virus Covid-19.
"Jadi untuk Bapak Ibu dan saudara-saudara peserta JKN-KIS diwilayah pulau Sumba khususnya di Kabupaten Sumba Timur dapat mengakses di nomor 0812381988389," imbaunya.
Adapun kata Tri, layanan PANDAWA diperuntukan bagi peserta JKN-KIS dengan layanan administrasi seperti daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gigi, FKTP, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.
Tri menjelaskan, peserta JKN-KIS dapat mengakses layanan PANDAWA mulai dari jam 08.00 pagi hingga jam 03.00 sore untuk setiap hari kerja.
Peserta yang hendak melakukan layanan menggunakan PANDAWA diwajibkan mengetik format layanan yakni identitas dan nomor handphone, nomor KIS, NIK dan KTP dan kode layanan yang akan dipilih sehingga adiministrasi PANDAWA akan memproses dan tinggal mengikuti petunjuk melalui pesan Chat.
Menurut Tri, dengan layanan PANDAWA ini menjadi salah satu layanan alternatif yang memudahkan masyarakat khusus peserta JKN-KIS di saat masa pandemi Covid-19.
"Layanan non tatap muka lainnya dapat diakses melalui aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan Care center 1500400, Voice Interaktive JKN (VIKA) dan Chat assistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400 ini khusus pelayanan informasi dan pengaduan," tutup Tri Mayudin Kepala BPJS Kesehatan Waingapu. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Ronny Wicaksono |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |