Peristiwa Daerah

Pemkab Indramayu Bagikan Ratusan Vaksin Rabies Gratis

Kamis, 15 Oktober 2020 - 16:00 | 84.50k
Drh. Arundhina saat memberikan vaksin rabies kepada kucing.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Drh. Arundhina saat memberikan vaksin rabies kepada kucing.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Sebanyak 850 ekor hewan peliharaan di Kabupaten Indramayu, mendapatkan vaksin rabies secara gratis dari Pemkab Indramayu, dalam hal ini adalah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu, Kamis (15/10/2020).

Pemberian suntik vaksin rabies gratis tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, sekaligus memperingati HUT ke-493 Kabupaten Indramayu.

Adapun hewan-hewan yang diutamakan untuk disuntik vaksin adalah hewan yang bisa menularkan rabies, seperti kucing, anjing, monyet, dan musang.

Menurut Kepala UPTD Puskeswan Indramayu, Drh. Arundhina, suntik rabies ini dalam upaya menjaga agar tidak ada kasus rabies di Kabupaten Indramayu. Dan juga, merupakan salah satu program dari Provinsi Jawa Barat, yakni Bebas Rabies 2020.

"Kita beri vaksin gratis bagi hewan-hewan peliharaan yang bisa menularkan rabies," jelasnya saat ditemui di kantor UPTD Puskeswan Indramayu, Kamis (15/10/2020).

Arundhina melanjutkan, untuk pemberian vaksin rabies ini dibagi menjadi 7 lokasi di Kabupaten Indramayu, yakni kantor UPTD Puskesmas Indramayu, Kantor Kecamatan Karangampel, Kantor Kecamatan Jatibarang, Puskeswan Cikedung, Kecamatan Bongas, Puskeswan Gantar, dan Kecamatan Patrol.

Adapun untuk prosesnya, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan bisa mendaftar melalui link yang disediakan. Kemudian, didata dan diberi jadwal untuk pemberian vaksinnya. Karena itu, masyarakat yang mendadak datang tidak bisa mendapatkan vaksin tersebut, karena harus mendaftar terlebih dahulu secara online.

"Kita jadwal supaya tidak terjadi penumpukan massa di kantor," tuturnya.

Hewan peliharaan akan mendapatkan vaksin rabies, lanjut Arundhina, jika kondisinya sehat, yakni suhunya berkisar antara 37,8 - 39,2 derajat Celcius. Di atas itu, akan dipending dan bisa datang kembali sesuai jadwal yang diberikan.

"Hewan bersuhu tinggi bisa karena stres, demam, dan lain-lain. Jadi pemberian vaksin rabies dipending dulu sampai suhu hewannya normal. Karena pemberian vaksin ini harus sehat," ungkap Kepala UPTD Puskeswan Pemkab Indramayu itu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES