Peristiwa Daerah

Wujudkan Ngurbloat Wisata Bebas Sampah, Ini yang Dilakukan Pemkab Maluku Tenggara

Minggu, 06 Desember 2020 - 15:02 | 57.41k
Kegiatan sosialisasi penanganan sampah pada 3 Desember 2020. (Foto: Pemkab Maluku Tenggara)
Kegiatan sosialisasi penanganan sampah pada 3 Desember 2020. (Foto: Pemkab Maluku Tenggara)

TIMESINDONESIA, LANGGUR – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara berupaya untuk mewujudkan Langgur Green and Clean pada tahun 2021. Salah satunya melalui wisata bebas sampah di Pantai Ngurbloat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemkab Maluku Tenggara melalui Dinas Lingkungan Hidup menyosialisasikan penanganan sampah di Ngurbloat kepada pelaku dan pengelola wisata,serta masyarakat setempat.

sosialisasi penanganan sampah 2

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maluku Tenggara, Ana Yunus menjelaskan, ada beragam materi yang disampaikan pada sosialisasi yang digelar pada 3 Desember 2020 lalu, di antaranya trik penataan/make up tempat usaha, pengembangan ruang terbuka hijau (RTH) dengan jenis tanaman tabebuya, pengembangan mural. 

"Termasuk bagaimana memanfaatkan sampah dan penanganan sampah organik maupun anorganik di lokasi wisata," ujar Ana Yunus dalam keterangan tertulis, Minggu (6/12/2020). 

Para pelaku dan pengelola wisata serta masyarakat sekitar Ngurbloat antusias memperoleh materi-materi tersebut. Mereka berkomitmen untuk melanjutkan dengan pelatihan sebagai tindak lanjut. 

Rencananya, pada 9 Desember 2020, mereka akan berlatih membuat kompos, dan memanfaatkan sampah plastik sebagai kerajinan. Mereka juga akan berlatih mengembangkan biogas dan penataan RTH serta pengembangan mural.

DLH Maluku Tenggara pun berkomitmen untuk mengembangkan inovasi pengolahan sampah, penataan RTH dan pengembangan mural yang murah, ramah lingkungan dan mudah diadopsi sebagai wujud One Village One Inovation (satu Ohoi satu Inovasi).

"Arahnya untuk mengembangan Ngurbloat sebagai destinasi wisata berbasis ecotourism," ujar Ana Yunus.

DLH Kabupaten Maluku Tenggara menjadikan bulan Desember sebagai bulan pengabdian masyarakat untuk pengembangan dan peningkatan kesadaran terhadap permasalahan lingkungan di Maluku Tenggara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES