HUT ke-62 NTB, Gubernur Zulkieflimansyah Luncurkan NTB Mall

TIMESINDONESIA, MATARAM – Tepat di perayaan HUT ke 62 NTB, Gubernur NTB Zulkieflimansyah meluncurkan platform aplikasi NTB Mall, di Kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB pada Kamis (17/12/2020).
Hadirnya aplikasi NTB Mall merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Provinsi NTB untuk mengembangkan UMKM lokal dan merambah ke pasar domestik maupun global.
Advertisement
Dalam sambutannya, Gubernur Zulkieflimansyah mengaku bangga dengan gebrakan Dinas Perdagangan bersama Dekranasda Provinsi NTB. Menurutnya,, pada zaman sekarang ini pemerintah harus hadir mengaomodir seluruh usaha masyarakat.
"Alhamdulillah Dinas Perdagangan NTB sudah maju selangkah dua langkah menciptakan aplikasi NTB Mall. Ini solusi untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dan produknya selama ini," ungkap Gubernur yang populer disapa Bang Zul ini.
Bang Zul menyampaikan bahwa tantangan UMKM bukan pada proses pembuatannya, sebab jika semua orang diberikan ruang untuk membuat suatu produk, pasti bisa dan tentunya dengan hasil yang bagus. Namun, tantangannya bukan disana, tapi ada pada pemasarannya.
“Kesulitan UMKM kita bukan pada proses pembuatannya, namun pada Pemasarannya, ketika barang sudah jadi, mereka bingung mau jual kemana. Untuk itu, NTB Mall ini hadir untuk membantu memasarkan produk masyarakat hingga ke luar negeri,” ucapnya.
Sementara, Kepala Dinas Perdagangan NTB, Fathurrahman menjelaskan, IKM/UMKM merupakan jalan tercepat untuk meningkatkan kekuatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Aplikasi NTB Mall hadir untuk membukan jalan kecil sebelum melangkah lebih jauh ke depan.
"Aplikasi itu sebagai wadah untuk membuka akses dan peluang pasar bagi IKM/UMKM di NTB. Dan sekaligus jembatan penghubung antar IKM/UMKM dengan pemerintah daerah NTB," ungkapnya.
Fathurrahman memaparkan, aplikasi NTB Mall terbagi menjadi dua bagian. Pertama, NTB Mall offline sebagai tempat display produk-produk lokal.
Baik dari segi kualitas dan standarisasinya. Kedua, ntbmall.com adalah sebuah aplikasi market palce yang memudah IKM/UMKM go to digital yang selaras dengan perkembangan teknologi informasi.
"Dalam NTB Mall Offline tercatat ada 60 UMKM yang bergabung dengan 300 lebih varian produk-produk terpilih. Sedangkan di aplikasinya, tercatat sudah mencapai lebih kurang mencapai 1.250 UKM dan lebih 2500 produk yang sudah terinput dalam sistem aplikasi. Target kami di tahun 2021 adalah 4000 IKM/UMKM dengan 10.000 varian produknya," harapnya.
Selain dengan sistem digital, lanjut, pihaknya akan terus mengembangkan rumah distribusi yang ditargetkan ada di setiap kabupaten kota seluruh NTB untum mempermudah proses distribusi produk-produk lokal.
“Pada HUT ke-62 NTB ini, kita ingin menaikkan kelas UMKM lokal setara Internaisonal, menaikkan profit dan omzet UMKM pasca terdampak Pandemi Covid-19,” katanya, saat meluncuran NTB Mall yang juga dihadiri oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Ronny Wicaksono |
Publisher | : Sofyan Saqi Futaki |